Desa Pulutan Dinobatkan Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Minahasa – Desa Pulutan Kecamatan Remboken, dinobatkan sebagai Desa Sadar Sosial Ketenagakerjaan, oleh Pemerintah Pusat dan Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Selasa (08/10) pagi.

Hal ini pun diapresiasi Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi. Dirinya atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa mengapresiasi ketika Desa Pulutan menyadari betapa pentingnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Ini tentu hal yang membanggakan karena Desa ini sadar jaminan sosial. Salut kepada Hukum Tua dan Perangkat Desa dan seluruh warga Desa Pulutan, dimana hari ini ditetapkan sebagai Desa Sadar Sosial Ketenagakerjaan,” kata ROR.

Lanjut kata Bupati, Pemerintah hadir bersama BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi rakyat. “Kiranya lewat berbagai kegiatan ini akan meningkatkan kepesertaan kita, baik dari sisi petani, nelayan, dan pengrajin, sebagaimana Perda mengharuskan seluruh perusahaan mengadakan jaminan ketenagakerjaan bagi pekerjanya. Karena dengan BPJS ketenagakerjaan ada keamanan bagi kita,” ujarnya.

ROR juga mengapreasi kepada masyarakat Desa Pulutan dan BPJS Ketenagakerjaan atas kerjasamanya untuk program ini. “Kiranya kedepan kita akan berupaya meningkatkan BPJS Ketenagakerjaan,” pungkasnya.

Sementara, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku, Toto Suharto mengatakan, ini merupakan program nasional yang dilaksanakan diseluruh Indonesia.

“Desa Pulutan dipilih karena sudah mengenal dan menyadari pentingnya BPJS Ketenagakerjaan. Kami sangat mengapresiasi Pemkab Minahasa karena pelaksanaan kegiatan ini boleh terselenggara dengan lancar dan baik. Semoga kedepan akan lebih baik lagi,” ujarnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi dan Pemkab Minahasa bekerjasama dan telah meng-cover 7.208 tenaga pemerintahan lewat BPJS Ketenagakerjaan. Diantaranya aparat desa 3.534, THL 3.296 dan perusahaan 578, termasuk 5 desa di Kanonang dan Koka Barat serta Pulutan.(fernando lumanauw)

Leave a Reply