Di Apel Bulan K3, Wagub Kandouw Harap Kecelakaan Kerja Nihil di Sulut

Manado – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Utara menggelar apel memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Lapangan Kantor Gubernur Sulut, Selasa (26/2/2019) pagi.

Pembina apel Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengatakan Bulan K3 merupakan momentum untuk terus diingat seluruh stakeholder ketenagakerjaan, baik perusahaan maupun masyarakat untuk selalu menjaga keselamatan dalam bekerja.

“Itu penting! Sebab sesuai laporan dari kementerian tahun lalu ada 153.000 kecelakaan,” ujar wagub usai apel.
Ia pun berharap kejadian kecelakaan tidak terjadi di Sulut.

“Jangan sampailah. Usahakan zero accident,” sambungnya.

Orang nomor dua di Bumi Nyiur Melambai ini meminta dinas terkait untuk terus mengingatkan kepada perusahaan dan masyarakat lebih meminimalisir kecelakaan.

“Mindset kesadaran perusahaan, individu dan masyarakat itu yang harus ditekankan. Dan itu ada regulasinya di Disnakertrans. Itu harus dipatuhi dengan baik,” terangnya.

Sementara itu Kepala Disnakertrans Sulut Erny Tumundo mengatakan apel ini merupakan salah satu agenda nasional yang dilaksanakan setiap tahun.

“Ini menjadi agenda mengingatkan stakholder pelaku usaha untuk memperhatikan K3 baik tenaga kerja dan lingkungan kerja. Aspek ini sangat penting dalam penerapan suatu perusahaan,” ungkapnya.

Budaya K3 menurut dia menjadi aset yang sangat berarti.
“Guna menjaga keberlangsungan tenaga kerja yang ada. Jika sehat dan dilindungi keselamatan, produktifitas perusahaan pasti meningkat,” tuturnya.

Ia menambahkan khusus untuk insident di Provinsi Sulut selang tiga tahun terakhir ini ada 18 kecelakaan.

“Dari total tersebut yang meninggal dunia ada tiga orang,” lanjut dia.

Leave a Reply