Di Apel Perdana Awal Bulan dan Peringatan HAN 2019, ROR Singgung Serapan Anggaran SKPD

Minahasa – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Senin (12/08) pagi, menggelar Apel kerja Awal Bulan, yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019, bertempat di halaman Kantor Bupati, Tondano.

Apel yang dipimpin langsung Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi ini, turut dihadiri Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, para Asisten Sekdakab Minahasa dan seluruh jajaran.

Bupati ROR dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan apel yang dirangkaikan dengan peringatan HAN Tahun 2019 ini, dimana pada acara puncak Peringatan HAN yang diadakan di Makasar beberapa waktu yang lalu, Kabupaten Minahasa boleh meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama.

“Kita patut berbangga dengan penghargaan tersebut. Namun, kita jangan berpuas diri sebab masih banyak hal yang perlu kita benahi, karena ini adalah langkah awal yang akan terus memotivasi Pemerintah bersama masyarakat untuk mewujudkan Minahasa Kabupaten Layak Anak, dan mari terus tingkatkan kinerja demi prestasi yang lebih baik agar kedepan kabupaten Minahasa dapat meraih Kabupaten Layak Anak dari tingkat Pratama ke Tingkat Madya bahkan Tingkat Utama,” kata ROR.

Selanjutnya, Bupati ROR juga dalam apel ini menyampaikan bahwa, Pemkab Minahasa akan membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang Anak yang di inisiasi bersama DPRD Minahasa. Untuk itu, ROR berharap ini menjadi perhatian bersama seluruh masyarakat terkait berbagai program dan kegiatan untuk mewujudkan harapan anak-anak kedepan.

“Berbagai program dan kegiatan yang sudah di programkan harap terus dicek dan dievaluasi.
Tadi pula telah dibacakan Suara Anak Indonesia, diharapkan Pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama meningkatkan perhatian dan kepedulian dalam menghormati, menghargai dan menjamin Hak-hak anak tanpa diskriminasi dan memastikan segala hal yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya,” ujarnya.

“Mari bersama Pemerintah meningkatkan perhatian dan kepedulian terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak,” tukasnya.

Selanjutnya ROR kemudian menyinggung soal serapan anggaran yang belum maksimal padahal sudah memasuki bulan ketiga triwulan tiga tahun 2019. Menurutnya, penyerapan anggaran ini belum sesuai dengan seperti yang diharapkan.

“Tanpa terasa bulan depan akan masuk bulan ketiga di triwulan tiga ini, tetapi penyerapan anggaran belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu menjadi perhatian kita bersama jajaran dan seluruh ASN untuk fokus dalam tugas, fokus dalam menyelesaikan apa yang sudah di programkan di tahun 2019 ini,” tandasnya.

“Saat ini kita telah menyepakati bersama APBD-P tahun anggaran 2019, yang saat ini sedang dalam tahap evaluasi oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Bila nantinya terdapat hal-hal yang harus diperbaiki harap segera ditindaklanjuti oleh perangkat daerah,” tambah ROR.

“Kita akan memasuki bulan dimana pemeriksaan baik dari institusi eksternal maupun internal, apa yang menjadi temuan BPK dan inspektorat provinsi harap diperbaiki dan diselesaikan. Kepada Hukum tua untuk memperhatikan pedoman aturan dana desa agar apa yang dilaksanakan dapat transparan kepada masyarakat,” katanya lagi.

Diakhir sambutan, Bupati kemudian menghimbau kepada jajaran dan Camat untuk diteruskan kepada masyarakat, dalam menghadapi musim kemarau untuk dapat lebih berhati-hati dalam menggunakan kompor, setrika, colokan dan alat elektronik lainnya serta dalam membakar sampah.(fernando lumanauw)

Leave a Reply