Di Istana Negara, Presiden Jokowi Lantik Olly Dondokambey dan Steven Kandouw Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Periode 2021-2024

SEJARAH kembali mencatat hari ini, Senin (15/02/2021), Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw resmi dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo,di Istana Negara Jakarta.

Bersama Olly-Steven, dilantik pula Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara yakni Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP.

Keduanya terpilih melalui Pilkada 2020 dan dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur masa jabatan 2021-2024.

Diharapkan apa yang sudah di proklamirkan menjadikan Sulut semakin hebat dapat terwujud dan pembangunan nyata memihak kepada masyarakat.

Pasangan petahana ini memenangkan pilkada Sulut pada 2020 lalu dengan perolehan suara 821.503.

Sulut tercatat tidak memiliki tanggungan gugatan pilgub dalam pilkada 2020 lalu. Karenanya, pasangan gubernur dan wakil gubernur Sulut dilantik paling pertama oleh Presiden Jokowi bersama gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Utara.

Proses pelantikan dimulai pukul 09.00 WIB. Terlihat pelantikan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

Mulanya, kedua pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih dihadapkan kepada Presiden Jokowi di Istana Merdeka secara bergiliran. Nampak hadir mendampingi Jokowi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Setelahnya, Presiden, Wakil Presiden, Mendagri, dan kedua pasang gubernur dan wakil gubernur melakukan kirab atau berjalan beriringan menuju ke Istana Negara untuk pengucapan sumpah.

Pantikan Gubernur-Wagub Sulut dan Gubernur-Wagub Kaltara ini, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’.

Pelantikan para kepala daerah itu dituangkan melalui Keputusan Presiden Nomor 19 P Tahun 2021 dan Nomor 21 P Tahun 2021 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara masa jabatan tahun 2021-2024.

Setelah Keputusan Presiden itu dibacakan, kedua pasangan calon lantas mengucap sumpah jabatan. Pengucapan sumpah itu dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

Rohaniawan  Kristen Pdt Marvel ed kawatu STh MM yang bekerja di Kementerian Agama RI mendampingi ketika Olly-Steven mengucapkan janji.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa, semoga Tuhan menolong saya” sumpah/janji tersebut.

Setelahnya, Presiden dan Wakil Presiden menyampaikan ucapan selamat kepada para kepala daerah yang baru dilantik.

Mereka lantas melakukan foto bersama dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus corona.

Pada kesempatan ini, ODSK didampingi istri tercinta Ny Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan dan Ny dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS.

Sebelumnya, pasangan ODSK bersama keluarga mengawali pelantikan dengan doa bersama, agar semuanya berjalan dalam tuntunan Tuhan.

Puji Tuhan semuanya berjalan baik, mulai dari awal pelantikan sampai selesainya.

Di mana masyarakat Sulawesi Utara dapat mengikutinya melalui siaran secara virtual YouTube dan televisi nasional. (Advetorial)

Leave a Reply