Di Launching Kemenpar-RI, Fesdaton Masuk Calender of Event Pariwisata Sulut 2019

Jakarta – Agenda Pariwisata bertajuk Festival Danau Tondano (Fesdaton), resmi diluncurkan dalam acara “Launching Calender of Event (CoE) Pariwisata Sulawesi Utara 2019”, Senin (22/04) malam, bertempt di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata Repoblik Indonesia, Jakarta.

Dalam Launching CoE Pariwisata Sulut 2019 ini, Menteri Pariwisata RI Dr Ir Arief Yahya MSc menobatkan Sulut sebagai “The Rising Star” sektor Pariwisata Indonesia karena mampu mendorong pertumbuhan kinerja pariwisatanya hingga 600 persen dalam empat tahun terakhir.

Menpar Arief Yahya mengatakan bahwa, Pariwisata Sulut memiliki pertumbuhan tertinggi, dalam empat tahun terakhir yakni tumbuh sebesar 6 kali lipat atau 600 persen sehingga layak mendapat penghargaan sebagai The Rising Star.

“Penghargaan sebagai The Rising Star ini akan diberikan Kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, pada event Jakarta Marketing Week pada 25 April 2019 mendatang,” kata Menpar.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sulut pada 2015 sebanyak 20 ribu, tahun 2016 meningkat menjadi 40 ribu atau dua kali lipat. Selanjutnya pada 2017 sebanyak 80 ribu, dan tahun 2018 meningkat menjadi 120 ribu.

Menpar Arief Yahya menambahkan bahwa komitmen dari pimpinan daerah yaitu Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi salah satu kunci keberhasilan Sulut dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Sementara, Gubernur Dondokambey yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen SE MS mengatakan, tahun ini Sulut mengelar 14 event unggulan di 15 Kabupaten dan Kota se-Sulut, dimana 3 even yakni Festival Pesona Bunaken, Tomohon International Flower Festival dan Festival Pesona Selat Lembeh masuk dalam kalender nasional 100 Wonderful Event 2019.

Ditambahkan Sekprov Silangen bahwa tujuan launching Calender of Event Sulut 2019 yakni untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Sulut yang pada tahun 2017 lalu dikunjungi 1.866.000 wisnus dan 79.377 wisman.

Dalam Launching CoE ini, Sekprov Edwin Silangen dan beberapa Bupati dan Walikota turut memberikan Cinderamata kepada Menpar Arief Yahya. Sedangkan Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi yang diwakili oleh Asisten II Sekdakab Minahasa Dr Wilford Siagian MA, didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa Agustifo Tumundo SE MSi, turut memberikan cindramata khas Minahasa.

Terpisah, Kepala Disbudpar Agustivo Tumundo mensyukuri atas peluncuran 14 kalender even Pariwisata Sulut ini, dimana salah satunya yaitu Fesdaton 2019 yang akan digelar di Tondano pada bulan November 2019 nanti.

“Disamping even Fesdaton 2019 sebagai even andalan Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa ini, Minahasa juga akan menggelar even Festival Benteng Moraya pada bulan Mei, Pemilihan Waraney dan Wulan Minahasa pada bulan Oktober, dan even Wonderful Christmas pada bulan Desember 2019 nanti,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Deputi Menteri Pariwisata Bidang Pengembangan Destinasi Dadang Rizky Ratman SH MPA, Staf Ahli Menpar Bidang CoE Dra Esty Reko Astuti, para Bupati dan Walikota, Kadis Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang SE MSi, para Kadis Pariwisata Kabupaten Kota dan undangan lainnya.

Sementara, dari Kabupaten Minahasa, juga turut hadir Ketua Ikatan Waraney Wulan Minahasa Johanna Karlina Brodowsky-Roring BSBA, Staf Khusus Bupati Bidang Pariwisata Melly Pungus, Sekdis Budpar Syultje Panambunan SE MAP, Kabid Promosi dan Pemasaran Piffner Parengkuan SH MSi, Kabid Kesenian Dra Letty Purukan, Kasie Pengembangan Seni Tradisional Aybie Suplig SPd, Waraney Minahasa 2018 Leon Lontoh, Wulan Minahasa 2018 Carra Tewu dan 18 Anggota Tim Kesenian IWWM.(fernando lumanauw)

Leave a Reply