Dibuka Wabup Legi, BP3A Gelar Workshop Peningkatan Peran Perempuan di Bidang Politik dan Jabatan Publik

Mitra – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dinas Pemberdaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Mitra, menggelar workshop peningkatan peran serta perempuan di bidang politik dan jabatan publik, Kamis (21/03) pagi, bertempat di Kantor DP3A.

Kegiatan ini dibuka Wakil Bupati Mitra Drs Jesaja JO Legi, mewakili Bupati James Sumendap SH. Wabub Legi saat membacakan sambutan Bupati mengatakan, kesenjangan gender di kehidupan publik dan politik merupakan suatu tantangan global yang terus dihadapi oleh masyarakat. Menurutnya, Undang undang Dasar (UUD) 1945 menjamin kesetaraan antara laki-laki dan perempuan.

“Pengarusutamaan gender telah diadopsi menjadi sebuah kebijakan untuk mengintegrasikan perspektif gender, kedalam kebijakan perencanaan dan penganggaran. Tindakan affirmativ juga sudah diperkenalkan pada UU nomor 10 tahun 2008 tentang Pemilu, untuk memastikan setidaknya 30 persen perempuan dicalonkan dalam daftar calon anggota Legislatif, untuk menangani masalah kekurangan keterwakilan gender dalam bidang politik di negara ini,” kata dia.

Lanjut dikatakannya, Kabupaten Mitra saat ini sangat memperhatikan kepedulian terhadap perempuan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perempuan yang menduduki jabatan ataupun sebagai pengambil keputusan, bahkan saat ini Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mitra seorang perempuan.

“Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi para peserta untuk terus memperjuangkan keadilan dan kesetaraan bagi perempuan, dan tetap melanjutkan kiprah di bidang politik dan pengambil keputusan melalui dukungan politik bagi terselenggaranya program PUG (Pengarusutamaan gender, red) di Kabupaten Mitra,” pungkasnya.

Sementara, Kepala DP3A Phebe Punuindoong SH, melalui Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan dan Kualitas Keluarga Pemberdayaan, Magrita Kaligis, dalam laporannya mengatakan bahwa, maksud dan tujuan kegiatan ini digelar yakni untuk meningkatkan peran dan posisi perempuan di bidang politik dan jabatan publik.

“Selain itu, juga memberikan motivasi dan kesadaran perempuan dalam partisipasi politik dan jabatan politik, agar menambah pengetahuan tentang regulasi yang ada, yang mengamanatkan keterlibatan perempuan dalam politik dan calon legislatif perempuan,” kata dia.

“Kegiatan ini juga dapat melahirkan rekomendasi bagi caleg perempuan bila terpilih nanti, untuk dapat menampung dan memperjuangkan aspirasi yang berkaitan dengan masalah-masalah perempuan,” ujarnya lagi sembari menambahakan kalau peserta dalam kegiatan ini yakni para calon Legislatif perempuan Kabupaten Mitra tahun 2019.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Mitra Marty Mareyke Ole SMn, Kepala DP3A Propinsi Sulut Ir Mike Pondaag MSi dan Komisioner KPU Mitra Divisi Teknis Penyelenggaraan Drs Jonly Pangemanan MSi.(fernando lumanauw)

Leave a Reply