Dinas PUPR Alokasikan Rp 51,6 Miliar Untuk Infrastruktur, Dalam Waktu Dekat Siap di Tender

Minahasa – Tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR), mengalokasikan anggaran sebesar Rp 51,6 Miliar untuk pembangunan infrastruktur, yang tersebar di seluruh Kabupaten Minahasa.

Kepala Dinas PUPR Minahasa Nofry Lontaan ST, kepada Cybersulutnews.co.id, Senin (20/05) siang, ketika ditemui mengatakan, total anggaran Rp 51,6 Miliar ini tersebar di semua bidang di Dinas PUPR Minahasa.

Menurutnya, sumber dananya berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 9,2 Miliar, Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk infrastruktur sebesar Rp 19,4. Selanjutnya, DAK irigasi sebesar Rp 7 Miliar, DAK air minum sebesar Rp 2,5, DAK air minum reguler Rp 1,5 Miliar.

“Selain itu, ada juga sanitasi reguler Rp 650 juta, sanitasi penugasan Rp 2,6 serta Dana Alokasi Umum Rp 12,3. Jadi totalnya mencapai Rp 51,6,” terang Lontaan yang kala itu didampingi Kepala Bidang Bina Marga Rivai Mamonto ST.

Disinggung soal kapan akan realisasi untuk pekerjaan pembangunan tersebut, Lontaan menyebut bahwa pihaknya saat ini sementara menginput data ke sistem untuk proses lelang melalui Layanan Pengadaan Secara Elektonik (LPSE), akan tayang dalam waktu dekat ini.

“Untuk sementara ini sedang menginput data di sistem dan dalam waktu dekat sudah akan diumumkan untuk tender,” tukasnya.

Lontaan menambahkan, anggaran sebesar ini memang belum bisa meng-cover semua infrastruktur yang perlu dibangun, khususnya ruas jalan. Menurutnya, pihaknya telah mengusulkan pembangunan 113 ruas jalan yang perlu perbaikan melalu DAK, namun baru 7 ruas jalan yang disetujui, sementara sisanya masih menunggu.

“113 ruas jalan sudah kami usulkan untuk mendapat dana DAK beberapa waktu lalu, tapi baru beberapa yang mendapat jatahn sementara sisanya masih menunggu. Dan untuk ruas-ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi, juga sudah kami usulkan dan tinggal menunggu jawaban,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply