by

Disambut Bupati ROR, Tim Bappenas Tinjau Danau Tondano

Minahasa – Tim Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia, melakukan peninjauan di Danau Tondano, Kamis (19/11) sore, disambut langsung Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi.

Tim ini terdiri dari Sekretaris Kementrian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Himawan Haryoga, Staf Ahli Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur J Rizal Primana, Deputi KSDA Dr Arifin Rudiyanto, Deputi Ekonomi Plt Ibu Winny, Deputi Bidang Pembangunan Manusia Masyarakat dan Kebudayaan Subandi Sardjoko, Deputi Pendanaan Dr Leonardo Tampubolon, Staf khusus Menteri PPN/Kepala Bappenas Chairil Abidini Abidin, Direktur Kehutanan dan Konservasi Sumber Daya Air Kementrian PPN/Bappenas Dr Ir Nur Hygiawati Rahayu, ST MSc bersama rombongan Direktorat Lingkungan Hidup dan Biro Perencanaan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dihadapan Tim Bappenas ini, Bupati ROR memaparkan tentang gambaran umum kawasan Danau Tondano, mulai dari perubahan luas dan kedalaman danau, hingga permasalahan-permasalahan yang di hadapi seperti pendangkalan, penyempitan dan penurunan kualitas air.

Selain itu, Bupati juga menjelaskan tentang nilai ekonomi yang ada di Danau Tondano, serta flora dan fauna yang ada di dalamnya.

“Kami telah berupaya melakukan berbagai hal, mulai dari seminar diskusi kajian tentang pengelolaan Danau Tondano, pengendalian eceng gondok serta padat karya dan pengangkatan secara mekanik menggunakan alat berat,” kata ROR.

Selain itu menurutnya, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam perlindungan dan konservasi SDA, serta pemantauan kualitas air dan pemantauan kelompok kerja pengelolaan danau.

“Kami juga membuat spam Desa Touliang Oki, Ranomerut, Tandengan, Eris, Watumea, Telap, Toulimembet, Kaweng dan Tountimomor. Pembuatan IKK Kakas, IKK Tondano Selatan, pembuatan septictank komunal, individual dan MCK plus, serta rehabilitasi jaringan irigasi seluas 5.235 hektar dengan panjang saluran primer 23.964 meter, saluran sekunder 42.459 meter, dengan total keseluruhan 66.423 meter,” ungkap ROR.

Turut mendampingi Bupati, Kepala Balai Sungai Prov Sulawesi Utara Astari, Kapolres Minahasa AKBP Henzly Moningkey, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa Dr Denny Mangala MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Minahasa Ir Wenny Talumewo MSi dan ajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed