Disambut Pemkab, 174 Praja IPDN Kampus Sulut Praktek Lapangan di Mitra

Mitra – Sebanyak 174 Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sulawesi Utara, di Tampusu Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa, lakukan praktek lapangan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), selama 21 hari, mulai 26 Maret hingga 16 April 2019 mendatang.

Wakil Direktur Bidang Keprajaan IPDN Kampus Sulut Arnold F Bura SIP MAP yang membawa rombongan ini mengatakan, 174 Praja IPDN Kampus Sulut ini terdiri dari Nindya Praja,l dan Madya Praja.

“Praktek lapangannya akan dibagi dua sesuai dengan tingkatnya yakni, Nindya Praja nanti fokusnya akan praktek di SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah,red), sementara untuk tingkat dua yakni Madya Praja, fokusnya ada di Kecamatan,” terang Bura.

Tujuan praktek lapangan ini menurut Bura, untuk memberikan pemahaman pada praja. Menurutnya, praktek lapangan harus ada di lingkungan SKPD agar Praja benar-benar memahami tugas dan fungsi masing-masing SKPD.

Melalui praktek lapangan ini, Bura berharap para Praja dapat belajar banyak dan lebih kompeten dalam memadukan teori-teori yang mereka dapat di kampus dengan praktek di lapangan, khususnya tentang pemerintahan dan pembinaan kemasyarakatan.

“Tujuannya tentu agar para Praja ketika mereka selesai nanti dari kuliah, akan benar-benar siap pakai, ketika mereka terjun langsung kemasyarakatan hingga di tingkat Kelurahan dan SKPD,” ujarnya.

“Mereka akan lebih mudah memahami tugas dan fungsi setiap dinas ketika mereka turun langsung. Sehingga bila mereka tamat nanti, mereka sudah bisa langsung bekerja memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sementara, rombongan Praja IPDN Kampus Sulut ini sendiri diterima langsung Sekretaris Daerah Minahasa Drs Robby Ngongoloy MM ME, mewakili Bupati James Sumendap SH. Pemerintah Kabupaten Mitra menurut Ngongoloy, menyambut baik kehadiran para Praja IPDN ini dan berharap dapat melakukan yang terbaik di Kabupaten Mitra.

“Saya meminta seluruh jajaran SKPD dapat mendukung dan membantu para Praja ini selama mereka praktek lapangan, agar banyaki ilmu juga yang boleh mereka dapat dan berikan di Mitra,” tukasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply