Disambut ROR-RD dan Jajaran, Jenazah Alm SHS Disemayamkan di Kantor Bupati Minahasa

Minahasa – Jenazah Almarhum (Alm) Dr Drs Sinyo Harry Sarundajang, Kamis (18/02) sore, disemayamkan dan diupacarakan serta diberi penghormatan terakhir di halaman Kantor Bupati, Tondano.

Jenazah Alm SHS beserta Keluarga Besar Sarundajang-Laoh Tambuwun dan rombongan tiba di halaman Kantor Bupati Minahasa sekitar pukul 17.50 WITA, dan disambut langsung Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Minahasa beserta jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa.

Bupati ROR saat menyampaikan sambutan mengatakan, ada berbagai jabatan strategis yang telah Alm emban semasa hidup, termasuk ketika mengabdi di Kabupaten Minahasa sejak tahun 1978, dan pernah menjadi Sekretaris Daerah Minahasa ketika masih Minahasa raya, dan Alm telah menjadi panutan.

Menurutnya, SHS adalah seorang birokrat handal yang memulai karir birokratnya dari bawah, mengabdi sekitar 51 tahun hingga akhir hayat, yang tentu telah melakukan banyak hal bagi daerah Sulut, nasional bahkan international.

“Begitu banyak yang telah Alm lakukan untuk negara tercinta, untuk Sulut dan secara khusus untuk Minahasa. Bagi saya secara pribadi juga, yang duduk selama sekian tahun bersama Alm sewaktu beliau menjadi Gubernur Sulut periode 2005-2010 dan 2010-2015,” kata Bupati

“Kami atas nama Pemerintah dan rakyat Minahasa menyampaikan terima kasih. Kami tidak dapat lagi menyampaikan rasa duka cita dan kehilangan sang motivator, sang birokrat, sang pemimpin, sang politisi dan sang diplomat yang handal, seorang ayah dan orang tua yang mendidik keluarga dengan baik,” ujarnya.

“Atas nama pribadi juga, Keluarga Roring-Lumanauw dan Keluarga Dondokambey-Lengkong dan jajaran Pemkab Minahasa menyampaikan rasa dukacita yang dalam atas sang panutan dan sang sesepuh. Apa yang telah didedikasikan Alm, itu yang kita rasakan dan akan kita teruskan,” pungkasnya.

Sementara, Wakil Bupati Minahasa periode 2013-2017, Ivan SJ Sarundajang, yang adalah putera tertua Alm SHS, menyampaikan terima kasih yang dalam kepada Pemkab Minahasa dibawah pimpinan ROR-RD, serta Forkopimda Minahasa, yang sudah bersimpati dalam gumul duka Keluarga Besar Sarundajang-Laoh Tambuwun.

“Napak tilas terakhir dari perjalanan karir alm SHS berakhir di Tondano, ketika awal tahun 1978 bertugas di Tondano pada usia 32 tahun. Kami atas nama Keluarga Sarundajang-Laoh Tambuwun, menyampaikan terima kasih yang setulus tulusnya kepada Pemkab Minahasa dibawah pimpinan ROR-RD. Terima kasih kepada semua Forkopimda Minahasa yang hadir lengkap, sungguh luar biasa penghormatan buat kami keluarga. Sekali lagi terima kasih, Tuhan memberkati budi baik semuanya,” pungkasnya.

Jenazah Alm SHS kemudian dilanjutkan untuk disemayamkan di rumah keluarga di Kawangkoan dan rencananya akan dimakamkan besok hari, Jumat 19 Februari 2020, di pekuburan keluarga di Kecamatan Tompaso.(fernando lumanauw)

Leave a Reply