Disbudpar Optimalkan Potensi Wisata Bahari

Ondong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siau Tagulandang Utara (Sitaro), akan berupaya mengoptimalkan segala potensi-potensi pariwisata yang ada di sektor bahari.

Pasalnya, luas wilayah Sitaro didominasi oleh laut, sehingga kaya akan potensi pariwisata di sektor bahari.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sitaro Eddy Salindeho, mengatakan, Sitaro kaya akan lokasi wisata laut yang bisa menarik wisatawan datang berkunjung.

“Keindahan pantai dan bawah laut Pulau Mahoro dan Pulau Manupitaeng, memiliki daya tarik. Buktinya, belum lama ini kedua pulau tersebut dijadikan lokasi pembuatan film oleh artis Korea,” kata Eddy, di Ondong kemarin.

Oleh karena itu, lanjut dia, perlu langkah untuk promosi parawisata ke luar daerah mulai dari Pulau Biaro, misalnya, ada beberapa diving point yang direkomendasi yaitu pantai Tumora dan sekitar pulau-pulau karang di Teluk Buang, pantai Kalakuhi dan perairan di teluk Tope.

“Sejauh ini, banyak pujian dari mereka yang pernah menyelam di Pulau Mahoro, yang menyatakan kawasan tersebut merupakan surga bawah laut yang tersembunyi di mata dunia. Namun, masih banyak lokasi yang juga memiliki pemandangan bawah laut yang eksotis,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Buyung Mangangue, salah satu personel komunitas penyelam Limangu Diving Centre, menuturkan, masih banyak lokasi wisata bawah laut yang tersebar di Sitaro, yang perlu ditelusuri.

Contohnya, baru-baru ini pihaknya telah menyurvei lokasi bawah laut di pantai Boulevard Ulu, dan ternyata kawasan tersebut, juga memiliki pemandangan yang eksotis.

Kemudian di pantai Lehi di kawasan air panas dan masih banyak spot diving lainnya.

“Oleh karena itu, kami mengapresiasi upaya pemerintah daerah untuk mengoptimalkan segala potensi wisata bahari yang ada.

Dengan demikian, hal ini bukan hanya mengenjot PAD. Di sisi lain, bisa meningkatkan kesejahteraan warga,” tandasnya.(jackmar tamahari)

Leave a Reply