by

Disdamkar Latih Petugas Pemadam Kebakaran Minut

Minut – Demi meningkatkan pelayan prima kepada masyarakat, Dinas Pemadam Kebakaran Minahasa Utara (Disdamkar Minut) pada  Kamis yang lalu (27/08) melaksanakan pelatihan peningkatan sumber daya manusia (SDM), bagi personil Pemadam Kebakaran yang berlangsung di kantor Damkar di bilangan Pemkab Minut.‬

‪Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Minut Arnolus Wolajan SSTP didampingi Sekertaris Damkar kepada awak media, bahwa tujuan dari pelaksanaan pelatihan adalah untuk meningkatkan SDM dan pembentukan karekater dan pendirian. 

“Diharapkan juga ada perubahan sikap mental dalam melaksanakan tugas, baik mental maupun kedisiplinan. Sehingga dengan sabar menghadapi warga yang dalam kondisi ada musibah,” katanya.‬

‪Lebih lanjut ditambahkan Wolajan, untuk pemateri dalam kegiatan pelatihan ini dari unsur TNI Lanudal Pangkalan Angkatan Laut, tentang pembentukan sikap, juga ada melibatkan Polri, karena menyangkut masalah umum pemadam.

‬ “Makanya tadi turut hadir Kabag Humas Polres Minut,” jelas  Wolajan.

‪Kalau dari unsur Badan SAR Ditambahkan pria yang akrab disapa Didi (Wolajan red-) itu, personel Damkar diajarkan bagaimana peragaan prakatik penanganan seperti efakuasi korban. para aparat pemadam, diajarkan pencegahan dan penggulangan dan bencana lainnya. 

“Untuk saat ini, jumlah personil atau petugas Damkar sebanyak 85 orang yang terbagi dalam tiga kelompok dengan waktu kerja selama 1x 24 jam,” sebutnya.

‪Armada Pemadam kebakaran yang saat ini difungsikan, tutur Wolajan, berjumlah 4 unit 1 yang diadakan pada tahun 2013 lalu, dan sisanya kendaraan tua. pun masih ada armada yang dihibahkan oleh Pemkab Minahasa. 

“Meski begitu, sebagai langkah   pelayanan publik, kami harus tetap memaksimalkan armada yang ada untuk pelayanan,” ujar  Wolajan.(eca gops)

Comment

Leave a Reply

News Feed