Disdukcapil Mitra Terapkan TTE Dalam Pengurusan Dokumen Kependudukan

Mitra – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), mulai menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE), dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Hal diungkap Kepala Disdukcapil Mitra David H Lalandos AP MM kepada sejumlah wartawan belum lama ini. Menurutnya, penerapan TTE mulai diuji coba pada penerbitan Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran.

“TTE sudah mulai diterapkan, dan dimulai diuji cobakan pada penerbitan KK dan Akte Kelahiran,” kata Lalandos.

Lanjut dikatakannya, penerapan TTE ini telah disetujui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), menyusul pengajuan oleh Disdukcapil Mitra akhir Februari lalu, yang selanjutnya mendapat Otoritas Sertifikasi Digital (OSN) dari lembaga sandi negara (Lemsaneg).

“Terhitung sejak Selasa 6 Februari 2019, penerapan TTE mulai diberlakukan. Sudah diuji coba dan berhasil. Jadi, dipastikan seluruh dokumen kependudukan yang dilayani Disdukcapil akan menggunakan TTE,” ungkapnya.

“Penerapan TTE ini tentu akan memudahkan pengurusan administrasi kependudukan. Kadang ada hambatan pengurusan kependudukan karena Kepala Dinas tidak ada di Kantor. Tapi, dengan adanya TTE, bisa langsung dipakai di dokumen kependudukan. Sehingga tanpa ada kehadiran Kadis, dokumen bisa tetap ditandatangi,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply