Diserahkan Langsung Bupati ROR, 94 Warga Toulimembet Terima BLT Tahap III

Minahasa – Sebanyak 94 warga Desa Toulimembet Kecamatan Kakas, Sabtu (11/07) pagi, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa tahap III.

Penyaluran BLT tahap III yang bekerja sama dengan Bank SulutGo Cabang Tondano ini, diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Kabupaten Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi.

Usai menyerahkan BLT, Bupati ROR meminta kepada warga penerima manfaat ini agar menggunakan BLT tepat sasaran, yang bertujuan meringankan beban ekonomi keluarga.

“Dalam membantu meringankan beban warga di masa pandemi COVID-19, sejumlah langkah telah diambil pemerintah mulai pemerintah dari Pusat, Provinsi hingga Kabupaten. Kita bersyukur, oleh pemerintah pusat oleh Presiden dan Wakil Presiden, Gubernur dan Wakil Gubernur, begitupun dengan saya sebagai Bupati dan pak Robby Dondokambey SE sebagai Wakil Bupati, terus berupaya mengambil langkah dalam meringankan beban masyarakat dimasa pandemi COVID-19 ini, lebih khusus dalam melobi program bantuan sosial,” kata ROR.

Menurut ROR, hampir 60 ribu keluarga kurang mampu di Minahasa tersentuh dengan bantuan sosial, baik lewat Bantuan Sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial Repoblik Indonesia, maupun BLT yang bersumber dari Dana Desa.

“Khusus bantuan sosial, ada 17 ribu lebih warga Minahasa yang ter cover. Kita mengusulkan kepada Kementerian Sosial dan ternyata ditambah menjadi 21.500 KK. Jadi, total bantuan Kemensos sekitar 39.500 KK, ditambah dengan BLT dari Dana Desa, semua hampir mencapai 60 ribu KK. Itu artinya hampir setengah KK penduduk Minahasa bisa mendapat bantuan,” ujarnya.

“Masih ada tiga bulan lagi penyaluran bantuan BLT ini, namun untuk tiga bulan kedepan, hanya setengah dari jumlah saat ini, atau hanya Rp 300 ribu,” tambah ROR.

Selanjutnya, Bupati ROR kemudian meminta kepada warga agar terus mematuhi himbauan pemerintah, menerapkan protokol kesehatan di setiap aktivitasnya sehari-hari.

“Jumlah warga yang terkonfermasi positif COVID-19 di Minahasa masih terus bertambah. Mari kita secara bersama terus berupaya memutus mata rantai penyebaran virus ini, dengan terus menjaga kesehatan. Pakai masker, rajin cuci tangan dan menjaga jarak saat kita beraktivitas,” pungkasnya.

Sementara, acara yang dirangkaikan dengan peresmian monumen desa Toulimembet yang dibangun dengan anggaran Dana Desa tahun 2020, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti ini, turut dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa DR Denny Mangala MSi, Kepala Dinas PUPR Minahasa Teddy Lumintang ST, Kepala BPDB Nofry Lontaan ST, Kepala Dinas PMD Jeffry Tangkulung SH MAP, Kepala Satpol PP Meidy Rengkuan SH MAP, Kepala Dinas Kesehatan dr Maya Rambitan MKes, Kepala Dinaa Pariwisata Teddy Sumual, Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Rio Palilingan, Camat Kakas Veky Rombot SPt, Hukum Tua Desa Toulimembet Weny Maxi Wensen dan masyarakat penerima BLT.(fernando lumanauw)

Leave a Reply