DLH Manado Fokus Bersihkan Sungai

Manado – Pembersihan sungai terus dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado. Bahkan, DLH memberikan prioritas untuk pembersihan sungai karena masih banyak warga yang membuang sampah di sungai dan drainase sehingga bermuara di sungai.

Berdasarkan pantauan media ini, para petugas tetap melakukan pembersihan sungai dan mengangkut sampah di sungai.

“Kami memprioritaskan pembersihan sungai dan dimbau kepada warga untuk tidak membuang sampah di sungai,” ujar salah satu petugas kebersihan, Minggu (16/5/2019)

Dan diimbau pada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan di daerah aliran sungai dan drainase.

Kepala DLH Manado Sonny Rompas meminta warga agar tak membuang sampah sembarangan. Sebab percuma pemerintah melaksanakan program, tapi tak ada kesadaran pada masyarakat.

“Masyarakat diharapakan membuang sampah pada tempatnya. Jangan buang sembarangan. Pemerintah berupaya semaksimal mungkin, tapi kalau tak ada dukungan dari masyarakat, itu akan sulit,” ujarnya.

Data di Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado, produksi sampah per jiwa setiap hari mencapai 2,064 meter kubik. Jumlah penduduk sesuai data capil 516.154 jiwa. Itu artinya total produksi sampah setiap hari 412,9 ton per hari. Jumlah sampah yang terangkut ke TPA Sumumpo 1.680 meter kubik per hari, sesuai daya tampung fasilitas dum truk milik Pemkot. Saat ini ada total ada 81 dum truk yang sementara beroperasi.

Leave a Reply