DPT Minahasa Berubah Lagi

Ketua KPU Minahasa, Meidy Y Tinangon SSi MSi

Ketua KPU Minahasa, Meidy Y Tinangon SSi MSi

Minahasa – Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Minahasa, untuk pemilihan umum (Pemilu) Presiden dan calon legislatif (Caleg) 9 April 2014 mendatang, berubah lagi.

Hal ini menyusul rapat pleno yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, Sabtu (18/01) pekan lalu, di gedung Perjuangan Tondano.

Pada pleno ini, KPU Minahasa menetapkan DPT berjumlah 266.262 nama, dari sebelumnya berjumlah 266.454 nama, hasil pleno November 2013 silam, atau berukurang 192 nama.

Ketua KPU Minahasa, Meidy Y Tinangon SSi MSi mengatakan, penurunan jumlah DPT disebabkan adanya nama-nama yang terindikasi ganda, oleh sistim informasi data pemilih Sidalih.

“Pada pleno yang dilakukan KPU pekan lalu, DPT mengalami perubahan lagi. Dengan adanya penghapusan nama ganda ini, maka total jumlah DPT yang ditetapkan berjumlah 266.262 pemilih, yang terdiri dari 134.978 pemilih laki-laki dan 131.284 pemilih perempuan,” jelasnya.

Menurut Tinangon, jumlah DPT masih dimungkinkan berubah. Hal ini seiring adanya penambahan warga wajib pilih yang akan memasuki umur 17 Tahun dalam beberapa Bulan mendatang.

“Kemungkinan besar masih akan ada perubahan dan hal tersebut dimungkinkan oleh aturan. Selain itu, KPU juga masih akan menetapkan DPK (daftar pemilih khusus, red), hal ini bertujuan agar semua warga yang wajib pilih dapat menyalurkan hak suaranya,” kata Tinangon.(fernando lumanauw)

Leave a Reply