Dua Menteri Jokowi Bakal Hadiri Peresmian Mall Pelayanan Publik Tomohon

Tomohon – Kantor Pelayanan Publik Kota Tomohon dipastikan akan resmi menjadi Mal Pelayanan Publik ‘Wale Kabasaran’.
Kantor pelayanan publik ke 6 di Indonesia, pertama di Indonesia timur dan satu-satunya di pulau Sulawesi akan diresmikan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Dr H Asman Abnur SE MSi pada Sabtu (21/04/2018).

Saat bersamaan akan hadir juga Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly SH MSc PhD sekaligus meninjau langsung salah satu fasilitas kantor imigrasi di dalam Mal pelayanan publik Kota Tomohon.

Untuk diketahui kantor pelayanan imigrasi yang melayani pengurusan passport di Kota Tomohon merupakan pelayanan imigrasi pertama di Kabupaten/Kota se Sulawesi selain di Manado ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara. Hal ini menjadi kebanggaan Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon.

Mall Pelayanan Publik Kota Tomohon didalamnya memiliki kantor pelayanan Keimigrasian, Kepolisian, Pajak, Perbankan, Pelayanan Samsat, Perusahaan Air Minum, Badan Keuangan Daerah, PT.POS, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Pertanahan, Cafe/Kantin, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, DisDukCapil, DisKominfo, Comand Center, Ruang Bermain Anak, Ruang Menyusui, Ruang baca, ATM, disamping itu untuk menjangkau kantor ini Pemkot telah menyediakan berupa bus gratis, bahkan kedepan akan dibuat berupa taman dan fasilitas penunjang lainnya.

Berdirinya Mal Pelayanan Publik di Kota Tomohon sebagai terobosan dari Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak bersama Wawali Syerly Adelyn Sompotan, sebagai wujud dari atau realisasi program dedicated EMAS Pemerintah Kota Tomohon yakni merubah wajah Kota didalamnya perubahan dari Kantor Walikota menjadi Mal Pelayanan Publik yang bertujuan untuk efektifitas dan efisiensi pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kesiapan dilaunchingnya kantor ini, Walikota Eman bersama jajaran terkait hari ini, Kamis (19/4/18) meninjau kantor pelayanan publik.

Di sela peninjauan Walikota Eman mengungkapkan Mal pelayanan publik Kota Tomohon merupakan sesuatu yang berbeda sebagai wujud Kota Tomohon yang semakin maju.

“Inovasi baru dalam pelayanan satu atap ini merupakan solusi yang memudahkan masyarakatnya dalam mengurus berbagai administrasi didalamnya perijinan dan non perijinan, jadi masyarakat Kota Tomohon tentu tidak lagi sulit untuk pengurusan administrasi karena tempat pengurusan sudah satu atap” ujar Eman.

“Apresiasi kepada jajaran Pemkot bersama seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon yang senantiasa mendukung akan program ini, terwujudnya akan kantor ini tentu juga atas dukungan dan topangan dari masyarakat Kota Tomohon umumnya,” ucap Eman.(mar)

Leave a Reply