Dua Unit Rumah di Ranomerut Ludes Terbakar, Bupati ROR Turun Langsung ke Lokasi

Minahasa – Sebanyak dua rumah semi permanen di Desa Ranomerut, Kecamatan Eris, ludes terbakar, Sabtu (25/01) pagi sekitar pukul 09.30.

Informasi diperoleh Cybersulutnews.co.id, dua unit rumah ini milik Keluarga Jocom Rawung dan Keluarga Solang-Tampi, serta satu rumah yang nyaris terbakar milik Keluarga Pakasi-Solang.

Saksi mata Heidy Sinaulan (39) warga setempat menuturkan, api pertama kali dilihatnya muncul dari dapur rumah Keluarga Solang-Tampi. Menurutnya, pemilik rumah Ernes Solang (76) kala itu diduga sedang memasak menggunakan kayu bakar, sedangkan isterinya Lotce, sedang berada di Danau Tondano.

“Pemilik rumah saat sedang memasak meninggalkan dapur dan pergi ke belakang rumah memotong rumput. Tak berselang lama, dia melihat ada kumpulan asap dari dapur, disertai api yang sudah membesar dan telah menjalar ke seluruh bagian dapur,” terang Heidy.

Tak berapa lama, dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik DinasbDamkar Minahasa bersama 15 personil tiba di lokasi kejadian dan berupaya memadamkan api agar tidak meluas ke rumah warga lain yang berdekatan, termasuk berhasil menyelamatkan rumah milik keluarga Pakasi- Solang, yang sudah mulai terbakar.

Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi pun turun langsung ke lokasi kejadian saat itu juga, disambut Hukum Tua Desa Ranomerut Yudi Pakasi, memantau langsung kinerja personil Damkar Minahasa, serta bertemu dan memberikan penguatan kepada keluarga korban kebakaran.

“Saya atas nama Pemkab Minahasa turut prihatin atas musibah kebakaran ini. Semoga keluarga dikutkan dan dimampukan menghadapi musibah ini,” kata Bupati ROR, yang kala itu didampingi Ketua TP-PKK Minahasa Dra Fenny Ch M Roring Lumanauw SIP, yang saat itu langsung memerintahkan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Minahasa segera membawa bantuan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 500 juta. Sedangkan digaan sementara, kebakaran terjadi akibat memasak di dapur.(fernando lumanauw)

Leave a Reply