by

Dugaan Pungli, Polda Sulut Bidik Petinggi PD Pasar Manado

Manado – Kasus dugaan pungutan liar alias pungli yang terjadi di Perusahan Daerah (PD) Pasar Kota Manado, terus dibongkar penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Sulut. Setelah menetapkan oknum Kepala Urusan (Kaur) Keuangan FM alias Mambu sebagai tersangka, penyidik besutan Irjen Pol Bambang Waskito pun kini mulai memburu tersangka lain.

Teranyar, tersangka yang nantinya bakal diseret dan menyusul Kaur Keuangan merupakan oknum petinggi di PD Pasar. Informasi itu dibeberkan sumber resmi penyidik, kepada Cybersulutnews.co.id, belum lama ini. “Kasus ini (pungli,red) bakal seru, karena melibatkan petinggi,” terang sumber yang meminta namanya untuk tidak dipublikasi.

(Baca juga : Kaur Keuangan Resmi Tersangka, Polda Sulut Incar Tersangka Lain, Kasus Pungli di Pasar Bersehati Manado http://cybersulutnews.co.id/kaur-keuangan-resmi-tersangka-polda-sulut-incar-tersangka-lain-kasus-pungli-di-pasar-bersehati-manado/)

Bahkan untuk memburu para petinggi, pihak penyidik dua pekan lalu telah melakukan pemeriksaan terhadap Direktur Utama PD Pasar Manado Ferry Keintjem, Direktur Umum Hendra Zoenardjy, serta Direktur Operasional Didi Syafii.

Lebih lanjut dijelaskan sumber kalau agenda pemeriksaan tiga pucuk pimpinan di perusahan tersebut dilakukan setelah mereka merampungkan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi dari pihak penagih maupun pedagang di Pasar. Diterangkan pula, mereka dipanggil dan diperiksa karena ditenggarai mengetahui bahkan diduga menyuruh pegawai untuk melakukan praktek pungli.

Sementara itu, Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito ketika dikonfirmasi melalui juru bicaranya Kombes Pol Ibrahim Tompo, membenarkan kalau pihaknya telah memanggil dan memeriksa tiga Direktur di PD Pasar Manado. “Masih sekedar saksi saja. Mereka dipanggil untuk memberikan keterangan soal persoalan pungli,” terangnya sembari menambahkan kalau tiga pimpinan pasar Manado akan kembali dipanggil dan diperiksa.

(Baca juga : Diduga Lakukan Pungli di Pasar Bersehati, Lima Anak Buah Keintjem Ditangkap Anggota Polda Sulut http://cybersulutnews.co.id/lakukan-pungli-di-pasar-bersehati-lima-anak-buah-keintjem-ditangkap-anggota-polda-sulut/)

Seperti diberitakan cybersulutnews.co.id sebelumnya, kasus pungli ini terbongkar, Kamis (15/12/2016), setelah penyidik sapu bersih atau cyber pungli Polda Sulut melakukan penyelidikan dan mengamankan Kaur Keuangan serta empat penagih lainnya, masing-masing JH, RNR, HOK dan RU.

Dalam penangkapan tersebut, selain lima oknum pegawai PD Pasar Manado, Polda Sulut juga mengamankan uang tunai Rp32 juta, buku khas pencatatan harian, serta tujuh pak karcis retribusi. (jenglen manolong)

Comment

Leave a Reply

News Feed