Dukung Program OD-SK dan ROR- RD, Tamengkel Aktif Awasi Pembersihan Eceng Gondok di Danau Tondano

Minahasa – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut), melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), terus aktif dalam penanganan penanganan gulma Eceng Gondok di Danau Tondano, dalam rangka mendukung program Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven O E Kandouw (OD-SK), serta Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM.

Terpantau Cybersulutnews.co.id, Kamis(16/01) sore, tampak Kepala Dinas PUPR Provinsi Sulut Ir Adolf Harry Tamengkel, turun langsung memantau kegiatan pengangakatan Eceng Gondok di Danau Tondano, dengan harapan tahun ini bisa segera teratasi.

Kata dia, pihaknya sangat serius untuk membantu Pemkab Minahasa, dalam penanganan masalah Eceng Gondok di Danau Tondano. Hal ini dibuktikan dengan diterjunkannya lima unit Ekscavator dan tiga unit Kapal khusus pengangkut Eceng Gondok, beberapa waktu lalu.

Dirinya optimis, dengan ketambahan bantuan alat berat ini, Eceng Gondok di Danau Tondano yang kian meresahkan ini akan dapat segera teratasi. “Kita optimis, tahun ini Eceng Gondok di Danau Tondano bersih,” tandasnya.

Meski kewenangan penanganan Danau ada pada Balai Sungai Wilayah I Sulut, menurut Tamengkel, sinergitas tetap dibutuhkan dalam menangani Eceng Gondok ini.

“Kita tidak akan berhenti. Kita akan terus melakukan usaha agar Eceng Gondok ini tidak tumbuh lagi, sehingga Danau Tondano benar-benar bersih dan lestari,” pungkasnya.

Dia juga mengucapkan banyak terimakasih dan memberikan apresiasi atas dukungan dari Pemkab Minahasa, khususnya ROR-RD, yang sangat mendukung langkah Pemprov Sulut melalui PUPR untuk membantu menyelamatkan Danau Tondano dari gulma Eceng Gondok.(fernando lumanauw)

Leave a Reply