Duo Runtu dan Manus Reses di Tonsealama dan Katinggolan

Minahasa – Di masa Reses I tahun 2021, dalam rangka menampung aspirasi masyarakat, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Careig Naichel Runtu SIP (CNR), melakukan kunjungan di Kabupaten Minahasa, Kamis (08/04).

CNR yang adalah Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulut yang membidangi Kesejahteraan Rakyat, yang berasal dari Daerah Pemilihan Minahasa-Tomohon ini, berkolaborasi menampung aspirasi masyarakat di wilayah Tondano, tepatnya di Desa Tonsealama Kecamatan Tondano Utara, serta Kelurahan Katinggolan Kecamatan Tondano Timur, bersama Wakil Ketua DPRD Minahasa Okstesi Pricilia Runtu SH MSi dan Anggota DPRD Minahasa Imanuel Manus, yang adalah wakil rakyat asal Dapil I Tondano.

Di Tonsealama, sejumlah aspirasi disampaikan masyarakat meliputi, pembangunan infrastruktur jalan desa, jalan perkebunan, jalan provinsi yang ada di wilayah Tondano Utara, sanitasi, saluran air, beberapa jembatan penghubung.

“Ada beberapa aspirasi yang masyarakat sampaikan, secara khusus masyarakat yang ada di Tonsealama. Kami berharap, aspirasi yang sudah disampikan masyarakat ini, dapat terakomodir demi kesejahteraan masyarakat,” ujar Hukum Tua Tonsealama, Estefanus Dimpudus AMd.

Sementara, masyarakat Katinggolan yang sebagian besar masyarakatnya hidup dari usaha makro kecil menengah (UMKM) ini, menyampaikan aspirasi mereka agar kiranya dapat dibantu dengan bantuan pemerintah, seperti program UMKM yang saat ini berjalan.

Selan itu, masalah tidak meratanya peserta penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST), serta pupuk bagi petani, pun menjadi salah satu hal yang dikeluhkan oleh warga. Mereka berharap, penerima bantuan pemerintah adalah warga yang benar-benar layak menerima bantuan.

“Kami masih banyak yang tidak terakomodir beberapa waktu lalu, padahal kami benar-benar memiliki usaha yang memerlukan tambahan modal usaha,” ujar salah satu warga pelaku UMKM.

Akan hal ini, ketiga legislator ini menyatakan siap mengawal aspirasi tersebut. Wakil Ketua DPRD Minahasa Okstesi Runtu, mengajak agar masyarakat dapat mengusulkan namanya ke daftar penerima bantuan UMKM ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa.

“Masyarakat Katinggolan yang memiliki usaha, silahkan mengajukan diri untuk mendapat bantuan UMKM dari pemerintah. Silahkan lengkapi semua persyaratan yang diperlukan lalu diusulkan, nanti kami yang akan mengawal itu. Kami juga akan membawa aspirasi ini di Rapat Paripurna, terutama soal sedikitnya ketersedian pupuk bersubsidi bagi petani,” kata Okstesi.

Sementara, apa yang tidak dapat dicover Pemkab Minahasa, oleh Imanuel Manus mengatakan, hal tersebut akan diteruskan ke Pemprov Sulut melalui Anggota DPRD Sulut Careig Runtu, sebab beliau adalah wakil rakyat utusan Minahasa.

“Apa yang tidak bisa dicover Pemkab Minahasa, kami minta itu ke Provinsi. Makanya pada saat ini kami bersama dengan bapak Careig Runtu melakukan reses bersama, agar apa yang menjadi aspirasi warga Tondano juga dapat diteruskan ke DPRD Sulut melalui beliau,” ujarnya.

CNR soal aspirasi masyarakat ini mengatakan, pihaknya akan memperjuangkan hal tersebut. Menurutnya, inilah sebabnya kenapa pihaknya turun di masyarakat untuk menyerap aspirasi.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin memperjuangkan semua aspirasi masyarakat ini. Karena, itu tujuan kami turun ke masyarakat,” kata CNR.(fernando lumanauw)

Leave a Reply