Empat OPD Ini Diminta Optimalkan PAD Minahasa

Minahasa – Empat Organisasi Perangkat Daerah Satuan (OPD) di Kabupaten Minahasa penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD), digenjot untuk optimal di sektor pajak dan retribusi.

Keempat OPD ini yakni Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD), Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Sam Ratulangi Tondano.

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi didampingi Sekretaris Daerah Jeffry Robby Korengkeng SH MSi memanggil para Kepala SKPD atau yang mewakili di empat instansi ini yakni Asisten Administrasi Umum yang juga selaku Plt Kepala BPKAD Hetty Rumagit SH bersama Kabid Anggaran BPKAD Refly Igir, Kepala BPPRD Joudy Kapojos bersama Kabid Penagihan Evert Kountul, Dirut RSUD Sam Ratulangi Tondano Dr Maryani Suronoto bersama Kasubag Keuangan RSUD Kelly Mandagi, serta pejabat terkait di Dinas Kesehatan yaitu Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Yusak Lintja bersama Kepala Seksi JPKMC Pembiayaan Tirza Paat, menggelar rapat evaluasi di ruang rapat Wakil Bupati, Rabu (10/07).

“Pertemuan ini dalam rangka optimalisasi PAD, sehingga kita perlu melakukan evaluasi penerimaan pendapatan dari empat instansi ini,” kata Wabup RD diwawancara usai rapat.

Pendapatan yang dievaluasi meliputi penerimaan dari semua sektor pajak daerah, retribusi, hingga dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Dengan adanya evaluasi setiap penerimaan dan pendapatan maka dapat diketahui faktor-faktor apa yang menjadi penyebab kurang optimalnya penerimaan pendapatan. Sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk mengoptimalkan PAD,” tandasnya.

Selain evaluasi penerimaan pendapatan, dalam rapat ini Wabup ikut menekankan bagaimana memaksimalkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing OPD terkait.

“Sebab untuk mengotimalkan pendapatan maka sangat penting bagi perangkat daerah di masing-masing instansi untuk juga memaksimalkan kinerja. Selain itu perlu dibangun komunikasi dan saling berkoordinasi antar instansi yang berkaitan,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply