FEB Unsrat Sukses Gelar Diskusi Panel Soal Tomohon Jadi Kota Pariwisata Dunia

Tomohon – Dies Natalies Ke-57 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat Manado menjadikan Kota Tomohon sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat, melalui kegiatan diskusi panel dengan tema ‘Memperkuat Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Kelurahan menuju Kota Tomohon sebagai Kota Pariwisata Dunia’ dan Pemeriksaan kesehatan gratis di Kelurahan Pinaras, Tomohon Selatan, Jumat (06/10/2017).

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak yang juga selaku Ketua Panitia Dies Natalies Ke-57 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan secara resmi memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran FEB Unsrat Manado karena memiliki antusias yang tinggi untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat terutama untuk masyarakat Kota Tomohon.

Di awal sambutannya, Eman menjabarkan tentang bagaimana kondisi geografis Kota Tomohon.

“Dalam diskusi panel nanti para lurah se-Kota Tomohon wajib mendiskusikan dengan pemateri bagaimana cara merencanakan kegiatan-kegiatan di kelurahan termasuk juga bagaimana cara mempertanggung jawabkan dan cara melaporkannya” tegas Eman.

“Saya mewakili jajaran Pemkot Tomohon mengucapkan selamat datang dan selamat melaksanakan rangkaian kegiatan Dies Natalies Ke-57 ini, semoga dapat terlaksana dengan baik sehingga wujud pengabdian kepada masyarakat akan nyata dan terasa manfaatnya baik dari jajaran FEB Unsrat Manado, masyarakat dan Pemerintah Kota Tomohon” tutup Walikota.

Sementara itu, Rektor Unsrat Manado, Prof.Dr. Ellen Kumaat, MSc, memberikan apresiasi yang tinggi baik kepada civitas akademika FEB, Panitia Dies Natalis, bahkan Pemerintah Kota Tomohon, atas terselenggaranya program dan kegiatan ini.

Rektor mengungkapkan bahwa sinergitas antara Perguruan Tinggi, Pemerintah dan Masyarakat perlu terus dibangun, dipertahankan bahkan ditingkatkan. oleh karena itu, menurut kumaat, kegiatan Pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan ini sangat baik dan tepat. Harapannya ke depan kerjasama antara pemkot Tomohon dan Universitas Sam Ratulangi Manado akan lebih meluas lagi ke berbagai bidang.

Dekan FEB Unsrat Dr Herman Karamoy mengatakan bahwa dies natalies kali ini merupakan yang pertama kali dipimpin oleh alumni. untuk itu atas nama segenap civitas akademika mengucapkan banyak terima kasih kepada Walikota Tomohon juga selaku Ketua Panitia Dies Natalies yang telah memberikan kesempatan kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat untuk melaksanakan program dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kota Tomohon.

Perlu diketahui bahwa pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi dan sesuai judul diskusi panel, tentunya menjadi harapan bersama diskusi ini akan lebih menambah wawasan bagi para camat dan lurah tentang perencanaan dan penganggaran untuk menopang Kota Tomohon untuk mempertahankan opini WTP dari BPK, demi untuk kesejahteraan masyarakat kota Tomohon.

Dalam diskusi panel tampil beberapa pembicara/narasumber dari kalangan akademisi FEB Unsrat yang berasal dari 3 jurusan, yaitu jurusan Ekonomi & pembangunan, jurusan Manajemen, dan jurusan akuntansi. Sedangkan peserta diskusi terdiri dari kalangan civitas akademika FEB Unsrat, para Kepala Perangkat Daerah Kota Tomohon yang terkait, para Camat dan Lurah se Kota Tomohon, serta mahasiswa FEB Unsrat Manado.

Selesai diskusi, dilanjutkan dengan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada masyarakat di Kelurahan Pinaras. kegiatan dilaksanakan tidak seperti biasanya, tapi kali ini para petugas medis bersama penyelenggara kegiatan langsung mengunjungi rumah-rumah penduduk (door to door) untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi masyarakat. Masyarakat Pinaras pun antusias dan menyambut baik dilaksanakannya kegiatan seperti ini.

Turut hadir dalam kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat FEB Unsrat ini:
Rektor Unsrat Prof. DR. Ellen Kumaat, MSc; Dekan FEB Unsrat DR. Herman Karamoy, Sekretaris Daerah Kota Tomohon H.V. Lolowang; para pejabat pemkot terkait, para civitas akademika FEB Unsrat: Para alumni FEB Unsrat, serta para mahasiswa FEB Unsrat Manado. (mar)

Leave a Reply