Fenny Lumanauw Terpilih Sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Minahasa 2019-2024

Minahasa – Isteri Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, Dra Fenny Ch M Roring-Lumanauw SIP, yang juga adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa, Kamis (22/08) sore tadi, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Minahasa, masa bakti 2019-2024.

Fenny Lumanauw tepilih oleh Ketua-ketua Ranting Pramuka se-Kabupaten Minahasa, menyusul adanya Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Minahasa tahun 2019, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa.

Wakil Ketua Gerakan Pramuka Sulawesi Utara Adolof Dompas SPd dalam sambutannya menyampaikan, musyawarah ini telah melalui tahapan dan proses yang sesuai dengan aturan yang berlaku, yang mengatur juga tentang masa bakti kepengurusan.

“Kwarcab Gerakan Pramuka Minahasa selama ini sudah baik, tetapi harapan kami akan lebih baik lagi dibawah pimpinan Kak Dra Fenny Ch M Roring-Lumanauw SIP,” kata Dompas.

Dalam musyawarah ini juga, memuat tiga poin penting yaitu, laporan pengurus yang lama, penyusunan program-program yang akan dilaksanakan Pengurus Kwartir Cabang yang baru, Proses Pemilihan Kepengurusan.

“Saya mengapresiasi pelaksanaan musyawarah yang sudah berjalan dengan baik ini, juga apresiasi kepada Pemerintah yang sudah banyak memberi bantuan kepada kami. Proses selanjutnya yang akan kita lakukan yaitu melantik kepengurusan yang sudah terpilih. Tentunya, peran Pemerintah Daerah sangat dibutuhkan untuk menopang kami, dalam kapasitas Pemerintah sebagai Majelis Pembimbing,” ujar Dompas sembari mengajak menata kehidupan organisasi Gerakan Pramuka Minahasa ini dengan baik.

Bupati Minahasa dalam sambutan yang disampaikan Plh Sekretaris Daerah Minahasa Frits Muntu SSos, atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa menyampaikan selamat atas terselenggaranya Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Minahasa tahun 2019. “Seperti halnya dengan organisasi lainnya, Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Minahasa tahun 2019 ini merupakan agenda tertinggi dalam sebuah organisasi,” kata Muntu.

Lanjut dikatakannya, dalam membahas program kerja, diperlukan kesungguhan dan keaktifan peserta musyawarah untuk melahirkan program-program yang akan dilaksanakan oleh pengurus periode mendatang, serta mampu memotivasi pemberdayaan anggota dalam kehidupan masyarakat di berbagai bidang, baik agama, ekonomi, pendidikan, politik dan lain sebagainya.

“Pramuka harus lebih meningkatkan kemampuan untuk membangun komunikasi efektif dengan masyarakat maupun Pemerintah Daerah, sehingga semua program yang dijalankan organisasi ini dapat disinergikan dengan kebijakan Pemerintah. Sinergi ini tentunya akan membawa kita semakin kompak dalam membangun ke arah yang kita inginkan,” tukasnya.

“Karena itu kami berharap, program kerja yang akan disusun nantinya harus kuat, mantap, serta mempunyai perencanaan yang matang. Selaku Pemerintah, kami berpesan agar Muscab ini dapat berjalan dengan baik dan berlandaskan Asas demokrasi. Hindari hal-hal yang dapat memecah belah organisasi, bangunlah komunikasi yang baik antara seluruh peserta, mari bersatu untuk membangun tanah Minahasa. Pramuka dengan potensi, kreativitas dan inovasi yang dimiliki adalah kekuatan besar dalam pembangunan daerah,” lanjutnya.

Muntu kemudian Pramuka saling merangkul, agar kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Minahasa mampu berjalan maksimal, serta pramuka dapat menjadi mitra Pemerintah untuk sama-sama berperan aktif mewujudkan Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera, serta dalam kebersamaan yang selalu siap sedia membangun Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Minahasa masa bakti 2019-2024, Kak Dra Fenny Ch M Roring-Lumanauw SIP menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada kepemimpinan dan kepengurusan Kwarcab Gerakan Pramuka Minahasa sebelumnya. Menurutnya, apa yang sudah dilakukan oleh Pengurus sebelumnya akan dilanjutkan lagi, dan program-program yang disusun akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Acara ini turut dihadiri, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Drs Riviva Maringka MSi, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Minahasa Dr Vicky Tanor SPi MSi, Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Minahasa, serta seluruh peserta musyawarah.(fernando lumanauw)

Leave a Reply