Festival Danau Tondano 2018 Bakal Semarakkan Minahasa Akhir Pekan Ini

Minahasa – Festival Danau Tondano (FESDATON) tahun 2018 yang bakal diselanggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), bakal semarakkan Minahasa. Hajatan yang masih dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Minahasa ke-590 ini, bakal digelar di Monumen Benteng Moraya Tondano, Jumat 9 November 2018 mendatang.

Kepala Disbudpar Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, kepada Cybersulutnews.co.id mengatakan, ada kegiatan yang akan digelar dalam FESDATON 2018 ini diantaranya, Lomba Kolintang Antar Siswa dan Umum se-Sulut memperebutkan Trophy Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi untuk kategori siswa, dan Trophy Ketua Umum Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Irjen Pol Dr Ronny F Sompie MH dan Wakil Ketua Umum KKK Brigjen Pol Dr Winston Tommy Watuliu untuk kategori Umum beserta hadiah Uang Tunai dengan total jumlah Rp 35 Juta.

Disamping itu, dikatakan Tumundo akan dilakukan juga Lomba Memancing Ikan Danau Tondano di Kolam Benteng Moraya memperebutkan Trophy Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa.

Mengawali kegiatan, akan digelar atraksi Senam Minahasa Hebat secara masal dengan melibatkan 5.900 orang peserta, dilanjutkan dengan Pergelaran Seni dan Budaya Minahasa, kemudian Pentas Musik Danau Tondano dengan menampilkan grup vokal Bassgilano Revolution, artis Melly Pungus dan artis Stand Up Comedy Jobe.

Dalam Lomba Kolintang di kedua kategori antar Siswa dan Umum ini, masing-masing akan memperebutkan hadiah Uang Tunai yaitu Juara I Rp 10 Juta, Juara II Rp 5 Juta dan Juara III Rp 2,5 Juta.

Sedangkan dalam Lomba Memancing Ikan Danau Tondano, akan diawali dengan pelepasan 590 ekor ikan sebagai simbol usia Kabupaten Minahasa yang telah berusia 590, dengan kategori peserta terbuka untuk umum dengan hadiah Uang Tunai Juara I Rp 2,5 Juta, Juara II Rp 1,5 Juta dan Juara III Rp 1 Juta.

“Bagi para peserta yang akan mengikuti lomba-lomba tersebut agar mendaftarkan diri di Disbudpar Minahasa, setiap hari kerja atau menghubungi Kabid Kesenian Disbudpar Letty Purukan 081340046589 dan Kabid Pemasaran Disbudpar Jimi Pinangkaan 08124300077. Kami berharap kiranya kegiatan ini mendapatkan dukungan dari semua pihak dan masyarakat Minahasa,” ucap Tumundo.(fernando lumanauw)

Leave a Reply