Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Minahasa, ROR: Pemimpin 5 Tahun Kedepan Ditentukan Rakyat

Minahasa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, menggelar sosialisasi terkait penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) di Kabupaten Minahasa tahun 2019, bertempat di aula Pusgiat Tondano, Selasa (19/03) pagi.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi dan dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Dr Denny Mangala MSi, Kepala Badan Kesbangpol Minahasa Drs Jorry Gumansing, jajaran Pemkab Minahasa, para Camat, serta Hukum tua dan Lurah se-Kabupaten Minahasa, bersama Ketua-ketua BPD dan LPM.

Bupati mengatakan, kegiatan ini sangat penting karena berjenjang mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten. Menurutnya, sosialisasi ini sangat penting karena menyangkut hal yang fundamental, dimana pemimpin untuk 5 tahun kedepan di tentukan oleh rakyat.

“Pemilu dalam negara demokrasi Indonesia merupakan suatu proses pergantian kekuasaan secara damai, yang dilakukan secara berkala sesuai dengan prinsip-prinsip yang digariskan konstitusi. Sehingga, dapat kita pahami bahwa, Pemilu merupakan kegiatan politik yang sangat penting dalam proses penyelenggaraan kekuasaan, dalam sebuah negara yang menganut demokrasi,” kata ROR.

Lanjut ROR mengatakan, Pemilu adalah lembaga sekaligus praktik politik yang memungkinkan terbentuknya sebuah pemerintahan perwakilan. Karena dengan pemilu, masyarakat secara individu memiliki hak dipilih sebagai pemimpin dan wakilnya di lembaga legislatif.

“Pada tanggal 17 April 2019 akan dilaksanakan Pemilu, dan tidak dapat dipungkiri akan tercipta banyak perbedaan. Saya berharap, kita semua dapat menghimbau masyarakat agar dapat menjaga kebersamaan dan kerukunan sekalipun berbeda pilihan. Saya mengajak kita untuk ikut mengambil bagian dengan memilih wakil rakyat sesuai dengan pilihan hati kita, dan kita harus memotivasi orang di sekitar kita untuk tidak golput, karena 1 suara sangat menentukan masa depan bangsa kita,” ajak Bupati.

Dirinya juga berharap, dengan adanya kegiatan ini, yang dihadiri oleh segenap elemen masyarakat yang ada di Minahasa, dapat menjadi agen-agen Pemilu dalam membantu KPU dan Bawaslu dalam menyelengarakan proses demokrasi, berjalan dalam suasana aman dan kondusif serta sukses.

“Kegiatan ini juga kiranya diikuti dengan baik oleh segenap jajaran Minahasa yang hadir, agar dapat memahami proses yang berlangsung,” pungkasnya.

Sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ketua KPU Minahasa Lord Arthur Malonda SPd, Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh SSi, Wakapolres Minahasa Kompol Alkat Karouw SSos, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos MSi dan Kasi Intelegent Kejaksaan Negeri Minahasa Novrianto Sihombing SH MH.(fernando lumanauw)

Leave a Reply