by

Grab dan Pemprov Sulut Krjasama Majukan Pariwisata Daerah

Manado – Grab, everyday superapp terkemuka di Asia Tenggara, dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hari ini meresmikan kerja sama strategis untuk memajukan sektor pariwisata.

Dengan dukungan operasional Grab di Sulut dan kerja sama ini diharapkan dapat menggenjot pengunjung dari dalam dan luar negeri dengan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung di berbagai lokasi wisata maupun kota-kota dimana Grab beroperasi di Provinsi Sulawesi Utara.

Kerja sama strategis dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara ini sejalan dengan komitmen Grab untuk mendukung mendukung program ‘Wonderful Indonesia’ yang telah berlangsung sejak tahun lalu serta diperbaharui melalui dukungan Grab untuk pengembangan 5 Super Destinasi Wisata Indonesia yang dicanangkan tahun ini.

Penandatanganan MoU/kerja sama dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey
dan President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata serta disaksikan oleh pejabat pemprov, mitra strategis di Sulut serta pengunjung acara di sela-sela kegiatan Archipelagic and Islands States (AIS) Forum di Manado, Kamis (31/10/2019).

Pada kesempatan ini, Ridzki Kramadibrata menyatakan senang dapat menerima kepercayaan serta dukungan Pemprov Sulut, dan merasa terhormat untuk dapat berperan dalam membangun infrastruktur digital dan transportasi di Sulut untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata provinsi kedepannya.

“Melalui operasional Grab di Sulut kami menawarkan layanan GrabRent yang sangat cocok bagi wisatawan yang membutuhkan sarana transportasi yang dapat
dipakai untuk mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus. Selain itu, rekomendasi wisata dan
makanan lokal dan keuntungan lainnya juga kami hadirkan dalam aplikasi Grab untuk mendapatkan pengalaman wisata yang berkesan dan dapat diakses hanya dari satu aplikasi saja,” jelasnya.

Diketahui, kerja sama Grab dan Pemprov Sulut meliputi, penataan sektor transportasi, yakni pembinaan mitra pengemudi penyedia layanan dalam aplikasi Grab termasuk pada penyedia layanan GrabCar, GrabBike, GrabExpress, GrabFood dan layanan lainnya yang mungkin dikembangkan dari waktu ke waktu, di Sulut.

Selanjutnya, pembangunan shelter untuk menampung mitra pengemudi roda dua yang terdaftar dan menggunakan aplikasi Grab dan pembuatan petunjuk arah/direction
sign dan tanda-tanda keselamatan/safety sign.

“Kerja sama dalam pengembangan sektor pariwisata Sulawesi Utara, khususnya bagi wisatawan mancanegara, meliputi pembuatan booklet petunjuk destinasi pariwisata utama di Sulut serta petunjuk penggunaan layanan Grab dalam beberapa bahasa, dan pesan keselamatan dari kedua pihak serta layanan order/pesan layanan Grab melalui layanan GrabConcierge,

“Melalui operasional Grab di Provinsi Sulut dan kerja sama ini, Grab akan menawarkan berbagai inisiatif untuk menyediakan lebih banyak pengalaman terbaik bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke destinasi wisata di Provinsi Sulut dan sekitarnya,” tukasnya.

Berwisata di berbagai lokasi wisata di Provinsi Sulut dengan aman dan nyaman, kata Ridzki dapat memanfaatkan layanan GrabRent dapat dinikmati wisatawan jika mereka ingin menyewa mobil selama beberapa jam, sehingga mereka dapat dengan mudah berwisata menuju dan dari berbagai
atraksi wisata.

Grab merupakan satu-satunya ride-hailing yang menawarkan layanan ini di Indonesia.

Fitur GrabChat (layanan pesan dalam aplikasi Grab) membantu mengurangi kendala berbahasa, dengan langsung menerjemahkan pesan ke berbagai bahasa yang kerap digunakan di Asia Tenggara, antara pengguna dan mitra pengemudi.

Wisatawan juga dapat dengan mudah memesan hotel melalui fitur Hotels di aplikasi Grab sebelum mereka tiba di Provinsi Sulut.

Selain itu, Mitra pengemudi GrabRent juga akan mendapatkan pelatihan tentang cara menjadi pemandu
wisata dan juga akan menerima sertifikasi ‘Wonderful Indonesia’ dari Kementerian Pariwisata setelah mengikuti pelatihan khusus.

Wisatawan kini dapat merasakan pengalaman perjalanan
yang aman dan nyaman sambil belajar lebih banyak tentang budaya dan kearifan lokal Indonesia dari mitra pengemudi bersertifikasi.

Wisatawan dapat menemukan rekomendasi restoran dan mencicipi kuliner lokal khas dengan GrabFood, serta menemukan ulasan dan informasi yang berhubungan dengan atraksi wisata dan budaya terbaik di Indonesia melalui feed berita harian, tersedia secara langsung pada aplikasi Grab.

Pengguna dapat menukarkan poin GrabRewards mereka yang dapat dinikmati saat berada di bandara seperti berbagai manfaat dari kategori ‘Travel’ di GrabRewards .

“Sebagai unicorn kelima di Indonesia dan decacorn pertama di Asia Tenggara, Grab ingin terus berkontribusi positif di mana pun Grab beroperasi. Melalui kerja sama ini kami berharap dapat mendorong ekonomi lokal termasuk meningkatkan pendapatan mitra pengemudi Grab serta
masyarakat di Provinsi Sulut.” tutup Ridzki.

Comment

Leave a Reply

News Feed