by

Gubernur Olly Lepas Ekspor Komoditi Pertanian Rp47,8 Miliar ke 15 Negara

Manado – Komitmen Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, membangun Daerah Nyiur Melambai, untuk kesejahteraan masyarakat terus menuai hasil.

Selasa (25/08/2020) orang nomor satu di Sulut itu, disaksikan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, melepas Ekspor komoditas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara sebesar 47,8 M ke 15 Negara.

Menurut Gubernur Olly, khusus komoditi cengkih Sulut buka pasar baru yakni India. “Doakan harga bisa naik,” aku Gubernur.

Lanjut Gubernur ini momentum kebersamaan dalam memperjuangkan Bitung menjadi Pelabuhan Hub Internasional.”Melengkapi upaya kita semua dalam menjadikan Provinsi Sulawesi Utara sebagai daerah berdikari dalam ekonomi, serta eksis dalam menjadi pintu gerbang Indonesia di kawasan Pasifik,” sambung Gubernur.

Lanjut Olly, di tengah resesi global, patut bersyukur karena bangsa Indonesia masih dikaruniai hasil pertanian dan perikanan melimpah, bahkan hasil pertanian dan perikanan melimpah itu menjadi penopang ekonomi di tengah pandemi ini.

Berdasarkan rilis BPS nilai ekspor Sulawesi Utara semester I tahun 2020 mengalami kenaikan 17,82%. Demikian juga berdasarkan data Iqfast Barantan,dimana ekspor pertanian Sulawesi Utara sampai Juni
2020 tumbuh (meningkat) meski di tengah pandemi, dan telah diekspor ke 46 Negara tujuan dengan 25 ragam komoditas.

Ditambahkannya pula kegiatan “Merdeka Ekspor” melalui Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian Sulawesi Utara di mana kegiatan ini diprakarsai oleh Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado Badan Karantina Pertanian, dalam rangka mendukung program strategis Kementerian Pertanian Republik Indonesia khususnya GRATIEKS (Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor), dan merayakan HUT ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia. Ikut hadir Sekprov Sulut Edwin Silangen dan jajaran Pemprov Sulut.

Comment

Leave a Reply

News Feed