Gubernur Olly Letakkan Batu Pertama Pembangunan Taman Wisata Budaya Waruga di Kuwil

Manado – Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1, Ir Bastari melakukan peletakan batu pertama taman wisata budaya waruga yang terletak di Bendungan Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minahasa Utara, Kamis (13/8/2020).

Pelaksanaan pembangunan kawasan cagar budaya waruga ini menghabiskan total anggaran sekitar 33 miliar dari Kemeneterian PU-PR Direktorat Jendral Sumberdaya Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi, Ir Bastari dalam laporannya, pembangunan penataaan wisata ini proyek pengerjaan akan dilakukan dalam dua tahap dan menghabiskan dana sekitar 33 Miliar.

“Tahap pertama tahun ini dianggarkan sekitar 7,5 M. Dan tahap kedua sisanya akan dianggarkan pada tahun depan. Mudah-mudahan sesuai target yang ada. Baik proyek pembangunan waruga dan proyek pembangunan bendungan kuwil akan tuntas pada agustus tahun 2021,” kata Bastari.

Sementara itu, Gubernur Olly mengatakan ini merupakan satu konsep pembangunan yakni pembangunan kawasan wisata waruga dan pembangunan bendungan kuwil.

“Kawasan ini memang sejak awal akan dijadikan daerah wisata termasuk wisata budaya. karena torang tidak boleh melupakan identitas budaya. Sejarah itu harus dukung agar supaya generasi kita nanti tetap melihat bagaimana kejayaan sulawesi utara pada waktu masa – masa lalu,” ungkap Olly Dondokambey.

Diketahui, selain melakukan pelatakan batu pertama, Gubernur Olly melakukan penanaman pohon.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda Sulut, Kepala Kanwil BPN Sulut, Plt. Kadis Kebudayaan Sulut Jenry Sualang dan para tamu undangan lainnya.

Leave a Reply