by

Guru di Tomohon Diminta Tingkatkan Profesionalitas

Dolvien Karwur
Dolvien Karwur

Tomohon – Kepala Dinas Pendidikan Kota Tomohon, Dolvin Karwur, meminta kepada seluruh guru terutama bagi mereka yang menyandang predikat guru profesional (bersertifikasi), untuk meningkatkan kinerja dalam mengaplikasikan ilmu bagi kemajuan mutu pendidikan.

Apalagi seluruh hak guru termasuk tunjangan sertifikasi, sudah disalurkan pemerintah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Hak para guru termasuk tunjangan sertifikasi untuk tahap II (April hingga Juni 2013) telah diberikan semua oleh pemerintah sesuai ketentuan yang berlaku, jadi mereka wajib untuk memenuhi tugas dan tanggung jawab mereka untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan optimal,” kata Dolvin.

Dijelaskan Dolvin, untuk guru sertifikasi ada sekitar 700 orang yang telah menerima tunjangan, sesuai dengan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat.

“Untuk menerima tunjangan secara keseluruhan para guru harus memenuhi syarat, misalnya jam mengajar harus sesuai. Jika kurang, pasti tak akan dibayar, makanya harus dipenuhi semua syaratnya sebagai guru profesional,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kota Tomohon, Harold Lolowang menambahkan, anggaran yang disalurkan untuk membayar tunjangan sertifikasi guru tahap II mencapai Rp 7,4 Miliar, dan disalurkan langsung ke rekening masing-masing guru.

“Setiap guru menerima tunjangan sebesar satu kali gaji, jadi ini pasti sangat membantu mereka untuk mengoptimalkan kinerja dalam mendidik generasi muda di daerah ini menjadi lebih pintar dan berkarakter serta berakhlak mulia,” jelasnya.

Sedangkan untuk tahap selanjutnya, menurut Lolowang, tetap akan dibayarkan pemerintah, setelah alokasi dana untuk bulan Juli hingga September dialokasikan Pemerintah Pusat.

“Tunjangan dana sertifikasi tahap III mulai bulan Juli hingga September tetap akan dibayar pemerintah daerah begitu dananya sudah masuk. Tapi saat ini belum bisa dilakukan, karena dananya masih belum ada. Makanya guru-guru harus bersabar, sambil terus melakukan tugas pokoknya dengan benar,” tukasnya.(maria wolajan)

News Feed