Guru Minsel Mengeluh, Proses Realisasi Sertifikasi Guru Terhambat

Minsel-Kinerja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), kembali disorot oleh para guru di Minsel. Betapa tidak realisasi dana sertifikasi bagi Tenaga Pengajar/ Guru ini masih terhambat.

Kepala Dikpora Kabupaten Minahasa Selatan, Hendrie Lumapow SH melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Fietber S Raco, saat diwawancarai wartawan mengatakan dalam proses realisasi anggaran tersebut, memang harus melalui proses kelengkapan berkas atau dokumen.

“Sebab dalam sesi ini sudah sangat berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, hal ini dikarenakan Dirjen telah melakukan pemeriksaan setiap tahun ada dua kali. Teknisnya sekarang ini guru sertifikasi, harus memenuhi waktu mengajar hingga 24 jam. Nah, jika guru itu dapat memenuhi jam mengajar itu dalam satu sekolah tidak rumit. Nah, rumitnya bila sang guru mengajar dalam tiga sekolah untuk memenuhi jam mengajar untuk capai 24 jam per minggu ini,” kata dia .

Tambah dia, mengenai validasi data yang dimintakan pihak Direktorat Jenderal (dirjen,red). Untuk dapat memasukan data dari tiga sekolah tersebut, jika dulu pemenuhan jam mengajar hanya 18 jam jadi bisa saja diambil contoh satu sekolah saja. Kemudian kalu sekarang pemenuhan harus 24 jam, dan jika tiga sekolah dia (guru) mengajar, harus mengikutsertakan data dari tiga sekolah tersebut,” jelas dia. (Jufan Dissa)

Leave a Reply