by

Hadiri Launching dan Pencanangan Program BIAN, Ini Kata Bupati ROR

Minahasa – Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, menghadiri launching dan pencanangan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), yang dirangkaikan pada puncak Hari Pendidikan Nasional tahun 2022 Provinsi Sulawesi Utara, melalui zoom meeting, bertempat di Sekolah Dasar Negeri 4 Tondano, Rabu (18/05) pagi.

Kegiatan pada zoom meeting ini diawali dengan perayaan puncak Hari Pendidikan Nasional tahun 2022, yang dihadiri langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan para Kepala Daerah se-Provinsi Sulawesi Utara, dimana dalam acara ini Gubernur mendapat Rekor Muri sebagai Dirigen Lagu Indonesia Raya dengan peserta terbanyak.

Selanjutnya, saat Launching dan Pencanangan BIAN khusus di Kabupaten Minahasa, Kepala Dinas Kesehatan Minahasa dr Olviane Imelda Rattu dalam laporannya mengatakan, Launching ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Sasaran BIAN ini sendiri yakni imunisasi tambahan Campak Rubella bagi usia 9 bulan sampai dengan 12 tahun dan imunisasi kejar atau melengkapi status imunisasi anak usia 59 bulan dengan OPV, IPV, DPT-HB-Hib, dimana nantinya, akan dibuat Pos Imunisasi BIAN di Puskesmas, Sekolah, Rumah Sakit dan Posyandu di seluruh wilayah di Kabupaten Minahasa.

“Tujuan dari pelaksanaan ini untuk memenuhi target vaksinasi yang tertahan cukup signifikan. Penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi meningkat signifikan, untuk itulah kegiatan ini dilaksanakan,” terang

Sementara, di Kabupaten Minahasa sendiri terdapat 34.752 anak sebagai sasaran program BIAN, terdiri dari 3.602 anak usia 9 bulan hingga 12 tahun, 16.584 anak usia 59 bulan dan imunisasi kejar 5 tahun keatas berjumlah 14.564. Jumlah sasaran BIAN di Minahasa sendiri menjadi yang ketiga terbesar di Sulawesi Utara.

Sementara, usai menyaksikan langsung penyuntikan imunisasi kepada siswa siswi SDN yang hadir, Bupati ROR juga membagikan tambahan nutrisi kepada anak didik yang hadir.

Bupati ROR mengatakan, Minahasa memiliki sasaran yang cukup banyak, sehingga dirinya meminta kepada para guru, para orang tua, mari kita menopang pelaksanaan imunisasi ini karena ini sangat penting

“Imunisasi ini sempat terabaikan semenjak ada COVID-19, karena mungkin kita takut. Tapi, sekarang ini saya menghimbau kepada seluruh orang tua dan guru agar mendukung program ini. Orang tua dan guru wajib tau apakah imunisasi anak-anak kita sudah lengkap atau belum, bila belum segera berkoordinasi dengan petugas kesehatan agar bisa melengkapi imunisasi anak kita,” ujarnya

Bupati lalu berpesan, COVID-19 di Minahasa menurun drastis, namun jangan lupa atau mengabaikan prokes. Tetap jalankan prokes agar kita tetap sehat.

Turut hadir, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Sekdakab Minahasa John Kapoh, Kepala Dinas Kominfo Agustifo Tumundo SE MSi, Kepala Dinas Kesehatan dr Olviane Imelda Rattu, Sekretaris Dinas Pendidikan Hendrie R L Tompodung SPd, Kepala Bagian Prokopim Sekdakab Johnny Tendean AP MAP, Kepala Bagian Umum Lona Watti SSTP, Camat Tondano Barat Robert Ratulangi SPd, mewakili Kapolres Minahasa, Kepala Sekolah SDN 4 Tondano Henie Walangitan MPd, serta para murid SDN 4 Tondano.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed