Hadiri Upacara TMMD, Tarian Adat Bolmong Sambut Kedatangan Pangdam XIII Merdeka

TMMD

Pangdam XIII Merdeka ketika memantau lokasi sarana pembangunan TMMD di Bolmong.

Bolmong – Upacara pembukaan TNI Menunggal Masuk Desa atau TMMD ke 98, Rabu (05/04/2017), dihelat.  Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, menyaksikan secara langsung upacara pembukaan TMMD yang berlangsung di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Dalam kunjungan tersebut, Pangdam XIII Merdeka yang didampingi Bupati Adrianus Nixon Watung, disambut secara adat melalui tarian Tuitan dan Kabela oleh siswa SD Kecamatan Bilalang dan Dinas Pendidikan Bolmong.

Dari pantauan, kegiatan pembukaan TMMD yang berlangsung di lapangan Desa Bilalang III, Kecamatan Bilalang Bolmong, dilakukan secara resmi melalui upacara. Dalam upacata tersebut, Bupati Bolmong bertindak sebagai Irub, sedangkan komandan upacaranya, Kasdim 1303/BM Mayor Inf Sony Maramis.

Usai menggelar upacara, Pangdam langsung meninjau sasaran pembangunan fisik maupun non fisik yang akan dilakukan prajurit dalam kegiatan TMMD, diantaranya pengobatan masal, pembangunan saluran air, pembangunan tiga pilar desa dan sarana lainnya.

Sewaktu melakukan peninjauan, Pangdam XIII Merdeka menekankan kepada Dandim selaku DanSatgas untuk melaksanakan tugas TMMD dengan baik, agar hasil yang diperoleh maksimal. “Harus menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah maupun masyarakat sekitar, sehingga pelaksanaan TMMD ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan,” tutur Pangdam.

Dengan diakadannya TMMD, masyarakat mengaku sangat terbantu. Masyarakat juga mengucapkan terima kasih atas upaya yang dilakukan dalam membangun infastruktur di daerah mereka. “Desa kami mendapat bantuan pembangunan serta pengobatan maupun penyuluhan dari bapak-bapak TNI. Terima kasih,” terang Mustamin warga Bolmong disela-sela kegiatan TMMD.

Hadir dalam upacara tersebut, Wakapolda Sulut Brigjend Pol Refdi Andri, Kasrem 131/STG Kolonel Inf Dadang Arif Abdulrahman, Aster Dam XIII/Mdk Kolonel Inf Theo Kawatu, Kasidam XIII/Mdk Kolonel Czi Sujadi, Kasiter Rem 131/Stg Kolonel Inf Sarifuddin, Danden POM XIII-1/Mdk Letkol Cpm Mikael Sopacua, Kapolres Bolmong AKBP Faisol Wahyudi, Wadan Lantamal VIII Kolonel Marinir Eddy Setiawan, serta para Dandim jajaran Korem 131/Stg. (jenglen)

Leave a Reply