Hans Tinangon : Manado Kekurangan ASN

Manado – Pelayanan publik di Kota Manado kurang memuaskan. Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Manado Hans Tinangon mengatakan, hal tersebut dikarenakan kekurangan tenaga pegawai. “Sesuai analisa jabatan (Anjab), ANS di Manado masih kurang sekira 1.000 pegawai.  Ini di luar ASN yang akan pensiun,” katanya.

Dipaparkan Tinangon, kekurangan ini tak hanya di kalangan fungsional saja. Namun juga di level jabatan struktural. “Seperti di kelurahan. Harusnya ada 10 jabatan struktural. Namun kebanyakan hanya diisi lima saja. Alhasil, pegawai pun harus merangkap Tupoksi (tugas pokok dan fungsi, red). Hal ini juga berpengaruh hingga kecamatan dan SKPD,” jelasnya.

Masalah kekurangan ASN ini, kata dia, akan terus jadi kendala. Mengingat,  tahun ini belum ada petunjuk pengangkatan ASN di Kota Manado. “Kami sudah mengusulkan ke pusat. Namun, sesuai  moratorium, kita belum bisa lakukan pengangkatan. Ini di luar kewenangan pemkot. Kami tidak bisa lakukan apa-apa,” tegasnya.

Namun begitu, menurut pria yang juga menjabat Kadis Capil ini, pihaknya tetap akan mengoptimalkan tenaga saat ini. “Yah, mau bagaimana lagi. Kekurangan tenaga ini tidak bisa dijadikan alasan. Roda pemerintahan harus terus berjalan. Juga pelayanan terhadap masyarakat,” tutupnya. (erick)

Leave a Reply