Harus Penuhi 16 Poin Akreditasi Standart, RSUD Sam Ratulangi Dinilai SNARS Edisi I

Minahasa – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Sam Ratulangi Tondano, harus memenuhi 16 poin Akreditasi Srandart dalam pelayanan terhadap pasien. Hal ini mesti dipenuhi guna penilaian Standarisasi Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi I.

Salah satu penilaiannya adalah bagaimana mengatasi bencana di Rumah Sakit, yang diperagakan melalui simulasi Penanggulan Bencana Kebakaran dan Gempa Bumi, Kamis (28/02) pagi, bertempat di parkiran RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano.

Simulasi ini disaksikan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, Direktur RSUD Sam Ratulangi Tondano dr Maryani Suranoto MBiomed, Wakapolres Minahasa Kompol Alkad Karow, Danramil Tondano Pelda Jhony Bura, Kepala Dinas Damkar Alexander Mamesah SSTP MSi, Kepala BPBD Johanis Pesik SIP, Kadis Kesehatan dr Yuliana Kaunang MKes, Kadis Pemberdayaan Perempuan Dan Anak Debby Bukara SE MSi, Kadis Sosial Royke Kaloh SH, Camat Tondano Timur Ivone Wilar SSos SPd dan Lurah Luaan Maxi Paoki.

Wabup RD mengatakan, kegiatan ini sangat penting karena akan berdampak pada penilaian oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit nantinya. Disamping itu, ini menunjukkan bahwa layanan yang ada di RSUD memiliki kualitas yang memenuhi standar, dengan berusaha menjamin mutu dan keselamatan pasien, serta kesehatan dan keselamatan Rumah Sakit.

“Pemerintah mengapresiasi kegiatan yang positif ini. Ini bertujuan untuk mempersiapkan dan melatih seluruh komponen yang beraktivitas secara rutin didalam RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano, baik itu tenaga medis maupun pasien yang ada, dituntut selalu waspada dan tanggap terhadap beberapa ancaman yang terjadi,” kata Dondokambey.

Wabup pun yakin, 16 poin Akreditasi Standar yang ditentukan SNARS Edisi I ini dapat dipenuhi secara keseluruhan, sekaligus membuktikan kepada masyarakat Minahasa bahwa RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano, selalu mempertahankan, memperbaiki serta meningkatkan mutu pelayanan, agar ada kepuasan masyarakat yang dilayani.

“Hal ini juga mendukung upaya Pemkab Minahasa dalam mewujudkan visi RRRD yakni, ‘Minahasa Maju Dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera’, Khususnya sektor kesehatan, dimana Pemerintah berusaha menghadirkan perlindungan kepada segenap masyarakat Minahasa, dan yang telah terealisasi sekarang yaitu pemberian Kartu BPJS Kesehatan kelas III gratis untuk seluruh masyarat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

“Kami berharap kita dapat menciptakan ide gagasan yang semakin berdampak positif bagi kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat, untuk Minahasa yang semakin hebat kedepan,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply