Hasil Kelulusan USBN SD dan UNBK SMP Diumumkan ke Siswa Besok

Minahasa – Hasil kelulusan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), segera diumumkan besok, Rabu 12 Juni 2019.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Drs Riviva Maringka MSi, menyusul telah diserahkannya hasil tersebut kepada para Kepala Sekolah, baik SD maupun SMP, Senin (10/06) siang.

“Sesuai kalender pendidikan, sekolah akan menyerahkan itu hari Rabu 13 Juni 2019. Jadi, kami sudah serahkan hasilnya kepada Kepsek hari ini, besok mereka akan dirapatkan dengan dewan guru untuk menentukan kelulusan, yang nantinya disesuaikan dengan mata pelajaran lainnya di sekolah hasil belajar siswa selama di SD maupun di SMP,” kata Maringka.

Mengenai kelulusannya nanti, kata Maringka, hal itu akan disampaikan langsung Kepsek kepada siswa siswi yang bersangkutan.

“Kami berharap semua lulus dengan hasil memuaskan. Karena kan kelulusan itu tidak hanya bergantung pada nilai USBN dan USBK yang hanya ada tiga dan empat mata pelajaran. USBN ada tiga yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA, sementara UNBK ketambahan Bahasa Inggris, sedangkan di sekolah kan ada juga mata pelajaran lain yang menjadi penilaian kelulusan siswa selama belajar 3 dan 6 tahun di sekolah,” pungkasnya.

Sementara, untuk tingkat SD sendiri ada sebanyak 4.961 siswa/siswi peserta USBN dari 349 SD sederajat yang ada di Minanasa, yang terdiri dari 2.613 laki-laki dan 2.348 perempuan, sedangkan untuk SMP ada 4.723 siswa/siswi peserta UNBK terdiri dari 2.361 laki-laki dan 2.362 perempuan.(fernando lumanauw)

Leave a Reply