Hutang Pemkot Tomohon Tersisa Rp 1 M

Tomohon – Tekad pemerintahan Jimmy F Eman untuk menuntaskan hutang ke pihak ketiga hampir selesai. Dari data yang diberikan Kadis DPPKAMB Kota Tomohon, Ir Harold Lolowang tahun ini hanya tersisa sekitar Rp 1 miliar.

“Tahun 2014 ini jumlah hutang Pemerintah Kota kepada pihak ketiga turun signifikan dari 31 milyar tahun lalu kini tinggal sekitar Rp 1 milyar,” jelas Lolowang.

 

Keberhasilan penuntasan hutang ke pihak ketiga ini juga beriringan dengan kedisiplinan tata keola keuangan yang lain.

 

“Begitu juga semua kendaraan bermotor diterbitkan Surat Ijin Penggunaan Kendaraan Bermotor (SIPKB), untuk sensus barang sudah berhasil dilaksanakan tahun 2013. ​ª∂a̲̅ juga kegiatan implementasi sistem E-Audit kerjasama dengan BPK RI untuk transaksi keuangasn secara online bulanan sudah berjalan dan terobosan baru yakni penguatan basis sistem arsiparis, dimana dokumen asli SPJ dan Kontrak harus di simpan di SKPD masing-masing. Serta sistem SMS Center untuk pemberitahuan kepada bendahara dan pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran/barang jika ada penolakan hingga pindah buku,” terang Lolowang.

 

Selanjutnya terhitung mulai tahun 2013 mekanisme pengadaan barang dan jasa semua terbuka diumumkan lewat Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dengan pengadaan diatas 200 juta ke atas ditangani secara Full-e-Procurment.

 

“Selain terus berusaha membenahi pengelolaan keuangan, pihaknya juga terus berusaha memaksimalkan pelayanan agar lebih baik. Seperti melalui sistim pelayanan secara online. Sistim ini nantinya akan memudahkan masyarakat dan pihak ketiga yang ingin mengetahui informasi terbaru dalam penatausahaan keuangan dan penjelasan secara detail,” ujar Lolowang. (Maria Wolajan)

 

 

 

 

 

Leave a Reply