Ini Alasan Tiba-tiba Pj Gubernur Sulut Kunjungi Kampung Jaton Minahasa

Minahasa – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Utara, Dr Soni Sumarsono, Kamis (15/10), menyempatkan dirinya berkunjung di Kelurahan Kampung Jawa Tondano (Jaton), Kecamatan Tondano Utara Kabupaten Minahasa, usai dirinya memberikan Seminar Nasional dengan tema “Revolusi Mental”, di IPDN Kampus Sulut, Desa Tampusu Kecamatan Remboken.

Menurut Sumarsono, kunjungannya ke Kampung Jaton ini cukup unik karena atas undangan salah satu teman di jejaring sosial Facebook. Menurutnya, teman Facebook yang tak diketahui siapa sebenarnya orang tersebut mengajak dirinya datang ke Jaton sambil mempromosikan bahwa di Jaton ada makam Pahlawan Nasional Kyai Mojo yang adalah keturunan Jawa.

“Saya sebagai Gubernur baru di Sulut, saya belum tau daerah-daerah yang ada. Kunjungan utama saya adalah ke IPDN memberikan seminar. Selesai seminar, saya mampir ke Jaton ini karena ada teman di Facebook yang orangnya saya tidak tau siapa, mengundang saya ke Jaton sambil menceritakan tentang jaman Pangeran Diponegoro dimana pada tahun 1830, kemudian ada sejarah Minahasa dimana ada seorang bernama Kyai Mojo dibuang Belanda ke ini bersama puluhan lakik-laki lainnya yang kemudian kawin mawin dengan warga sini yang akhirnya jadilah Jaton ini. Saya tertarik dan saya mampir kesini sambil silaturahmi dengan warga sini karena saya adalah orang Jawa, bagaimanapun juga itu adalah leluhur saya dan sebagaimana kultur orang Jawa mengajarkan begitu yakni silahturahmi,” ujarnya.

Sumarsono kemudian memuji kerukunan antar suku dan antar umat beragama di Sulut termasuk Minahasa, yang mana ini terbaik secara nasional.

“Saya senang berada disini karena sekilas suasananya damai, sejahtera dan aman serta sejuk. Kerukunan disini luar biasa karena di tingkat nasional itu diakui yang terbaik. Disini kerukuanan sangat luar biasa dan saya salut karena Gereja bisa berdampingan dengan Masjid dan tidak ada masalah. Ini menjadi modal Sulut yang harus dijaga karena menjadi aset nasional yang sulit dijumpai di daerah lain dan bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah yang lain,” tukasnya.

Sementara, kedatangan Sumarsono bersama rombongan ini disambut Sekretaris Daerah Minahasa, Jeffry Robby Korengkeng SH MSi bersama Camat Tondano Utara, Ir Yanny Moniung, Camat Tondano Timur, Royke Worek, Lurah Kampung jawa dan tokoh agama serta tokoh masyarakat setempat di Kantor Lurah Kampung Jawa.

Usai melakukan dialog dengan warga setempat, Sumarsono kemudian melakukan ziarh di makam Kyai Mojo bersama rombongan sambil menaikkan doa.(fernando lumanauw)

Leave a Reply