Ini Pesan Bupati JS Kepada Pengurus TP-PKK Minahasa Tenggara Periode 2018-2023 Yang Baru Dilantik

Minahasa Tenggara – Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra, periode 2018-2023, resmi dilantik, bertempat di ruang sidang Kantor Bupati, Rabu (07/11) pagi.

Pelantikan ini dilakukan Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH (JS), mewakili Ketua TP-PKK Sulawsai Utara, dan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Minahasa Tenggara, nomor 350 tahun 2018, tentang pemberhentian dan pengangkatan Pengurus PKK Kabupaten Minahasa Tenggara.

Usai melantik, Kepada Pengurus PKK yang baru ini, Bupati James Sumendap berpesan agar TP-PKK Minahasa Tenggara dan menjadi mitra kerja Pemerintah, dan dapat mendukung dan turut mensukseskan program-program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tengara.

“Mudah-mudahan dengan pelantikan ini, akan membawa TP-PKK menjadi tim penggerak yang menunjang semua program-program Pemerintah. Harapan saya, TP-PKK dapat menjadi mitra strategis Pemerintah untuk menunjang program kesejahteraan. PKK harus terus konsolidasi, melakukan pembinaan, jadi pencerahan dan dapat mempersatukan, serta tetap dengan rakyat,” kata Sumendap.

Lanjut dikatakan Bupati JS, TP-PKK adalah tim penggerak, yang mengandung arti bahwa, TP-PKK adalah penggerak semua sendi-sendi kehidupan di Minahasa Tenggara, sehingga Pemerintah harus melibatkan PKK sebagai penggerak di masyarakat.

“Bagi saya, PKK adalah satu-satunya tim penggerak di bidang kesejahteraan keluarga, PKK dapat memberi masukan kepada Bupati terkait kesejahteraan di tingkat Desa yang perlu mendapat perhatian, seperti contoh pemberian kesejahteraan tokoh-tokoh agama. Jangan masa bodoh dalam menjalankan tugas, libatkan diri dalam setiap kegiatan sosial kemasyarakatan, beri masukan kepada sesama pengurus dan pimpinan apabila memang harus, sebab tumpuan kami masyarakat Minahasa Tenggara ada di PKK,” kata Bupati.

“Saya minta seluruh Kepala SKPD dapat menunjang seluruh program-program TP-PKK, tak perlu lagi bertanya kepada saya, sebab Kepala SKPD pasti sudah tau mana yang harus melibatkan PKK dan mana yang tidak,” tandasnya.

Terkahir, Bupati JS kemudian berpesan agar TP-PKK yang baru ini dapat saling menopang satu dengan yang lainnya, saling mendukung dalam kerja dan tidak saling menjatuhkan satu dengan yang lainnya

“Jangan suka memberi masukkan yang salah kepada sesama ataupun kepada pimpinan, jangan saling mengecewakan, jagalah persatuan, ikutilah selalu mekanisme yang ada,” pesan Bupati sembari menyampaikan selamat atas pelantikan Pengururus TP-PKK Kabupaten Minahasa Tenggara periode 2018-2023.

Sementara, Ketua TP-PKK Minahasa Tenggara Jein Leonora Sumendap-Rende, dalam arahannya kepada Pengurus TP-PKK yang baru mengatakan, setiap pengurus yang baru dilantik ini harus mampu menjalankan tugas dengan baik, lebih meningkatkan peran serta, dan mendukung semua program Pemkab Minahasa Tenggara.

“Saya harap Pengurus TP-PKK mampu menjalankan tugas. Kedepan sudah menjadi tugas kita bersama untuk mampu membimbing semua pengurus di tingkat Kecamatan hingga Desa, kita bawa TP-PKK Minahasa Tenggara untuk lebih naik lagi kedepan,” ujarnya.

Sebagai mitra pemerintah, dirinya kemudian mengajak seluruh Pengurus TP-PKK agar mendukung semua program pemerintah, dan sebagai timbal baliknya, dirinya juga meminta pemerintah agar mendukung seluruh program TP-PKK.

“Perlu saya sampaikan, TP-PKK adalah gerakan nasional pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah. Itu sebabnya, peran dari bawah sangatlah penting, kita harus maju dan mandiri. Ada 10 Program PKK yang bagi saya semua pasti sudah tau. Saya berharap, ini kita bisa implementasikan bersama-sama dalam kehidupan kita sehari hari dan dalam kita bermasyarakat. Mari kita semua dukung program pemerintah, dan saya berhara ada timbal balik dimana pemerintah juga dapat mendukung program TP-PKK,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pelantikan ini, Wakil Bupati Minahasa Tenggara Drs Jesaja JO Legi, Sekretaris Daerah Minahasa Tenggara Drs Robby Ngongoloy MM, dan jajaran Pejabat Pemkab Minahasa Tenggara.(fernando lumanauw)

Leave a Reply