Ini Strategi Pengembangan Ekonomi Sulut

Manado – Pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw memiliki dua strategi mengembangkan perekonomian nasional dan daerah.
Pertama, pengembangan sektor pariwisata yang mulai bergeliat sejak tahun lalu setelah dibukanya jalur penerbangan langsung dari delapan kota di Tiongkok. Kedua, meningkatkan produksi tanaman pangan yang bisa berdampak langsung kepada kesejahteraan petani.

Di sektor pariwisata, kata Gubernur, sudah berjalan karena arus kunjungan wisatawan terus berdatangan dan berpotensi meningkat setelah dibukanya penerbangan-penerbangan baru sejuml;ah negara ke Manado setelah Tiongkok.

Di bulan Januari saja, diperkirakan ada sekitar 81 penerbangan yang masuk keluar bandara internasional Sam Ratulangi Manado.

“Harapan kita ada sekitar 12 ribu wisatawan mancanegara yang datang ke Manado setiap bulannya. Ini harus kita genjot karena akan memberikan dampak langsung bagi perekonomian daerah, termasuk di dalamnya peningkatan kesejahteraan pelaku usaha kecil dan menengah yang memproduksi kerajinan tangan,” ujarnya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menambahhkan, saat ini kesejahteraan petani perlu ditingkatkan dengan menggenjot produksi tanaman pangan.

“Dulu saat petani menjual cengkih sekarung, sudah bisa dapat mobil. Nah, nilai tukar petani itu yang terus kami tingkatkan agar mereka mendapatkan manfaat dari hasil jerih lelahnya,” ujarnya.

Ada insentif yang akan diberikan kepada petani dalam meningkatkan produksinya di antaranya memberikan bibit dan pupuk serta menyediakan sarana pascapanen seperti alat pengering jagung dan “coldstorages” agar hasil panen bertahan lama.

Upaya itu, kata Gubernur, akan dibarengi dengan pembangunan pasar-pasar induk di Kota Manado untuk mengendalikan harga agar tidak merugikan petani maupun konsumen.

“Pasar induk itu akan disebar di jalan lingkar yang dibangun di Kota Manado untuk memudahkan akses dan tidak mengganggu transportasi. Kita berharap upaya yang dilakukan ini direspon positif masyarakat dan pelaku usaha,” harapnya.

Leave a Reply