Irup Hari Jadi Minahasa ke-590, Ini Amanat Bupati ROR

Minahasa – Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka peringatan Hati Jadi Minahasa ke-590, di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, bertempat di Taman God Bless Minahasa Lapangan Dr Sam Ratulangi Tondano, Senin (05/11) pagi.

Bertindak sebagai Komandan Upacara, Camat Tondano Utara Johnny Tendran AP MAP. Upacara ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera, mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlawan, secara khusus yang telah berdedikasi bagi Minahasa selang 590 tahun hingga saat ini, pembacaan teks Pancasila, kemudian pembacaan teks Undang-undang Dasar 1945

Bupati ROR dalam amanantnya mengatakan, 590 tahun telah kita lewati dengan berbagai ragam dinamika, perjalanan ini tentunya karena kontribusi dan sinergitas seluruh stakeholder, dimana ni juga bagian dari pengorbanan Tou Minahasa dari masa ke masa.

“Kewajiban kita saat ini adalah berkontribusi untuk pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat Minahasa,” kata Bupati.

Lanjut dikatakannya, dalam suasana sukacita dan kegembiraan ini, Bupati ROR mengajak semua jajaran yang ada agar mempersembahkan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, yang telah menyertai perjalan Pemkab Minahasa hingga sekarang ini.

“Sebagai Pemerintah, kami bertekab menjawab harapan masyarakat, lewat berbagai program yang telah mulai kami buktikan dan laksanakan, yang kesemuanya berada dibawah visi dan misi ROR-RD,” ujarnya

“Dalam perkembangan kedepan, kami akan memaksimalkan setiap pelayanan terhadap masyarakat. Perangkat Daerah yang berinteraksi langsung dengan masyarakat, harus mampu mengejawantakan program ROR-RD. Jangan mempersulit apabila bisa dipermudah, tapi tetap berdasakan pada perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya.

Sebagai catatan, ROR menambahakan, dapat dikarakan saat ini sinergitas telah berjalan dengan baik, tercermin dalam kerjasama antar Perangkat Daerah. Kedepan, ROR meminta agar Perangkat Daerah harus lebih menguasai tugas masing-masing, agar apa yang disusun dalam program dapat terlakasana dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Hubungan dengan stakeholder Forkompimda dan instansi vertikal kiranya kita mampu mensolisikan bersama berbagai kepentingan masyarakat yang ada,” pungkasnya.

Upacara turut dihadiri Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, segenap Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Minahasa, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Fenny C M Roring Lumanauw SIP, Wakil Ketua TP-PKK Martina Dondokambey-Lengkong, jajaran Pejabat Pemkab Minahasa, Aparatur Sipil Negara di Pemkab Minahasa, serta tamu undangan lainnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply