Irup HUT Bhayangkara ke-73, Ini Kata Bupati ROR Saat Membacakan Amanat Presiden

Minahasa – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-73 Tahun 2019 Polres Minahasa, yang digelar di Mapolsek Remboken, Rabu (10/07) pagi.

Bupati ROR saat menyampaikan amanat tertulis Presiden RI Ir H Joko Widodo mengatakan, situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik. Dikatakannya juga, Polri telah mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, kemudian kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang, dan kejahatan siber, lalu kejahatan berimpikasi kontinjensi seperti konflik sosial, kerusuhan massa dan unjuk rasa anarkis, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegal fishing, dan tindak pidana korupsi.

“Polri telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp 2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun. Capaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh personil Polri, dengan dukungan mitra kerja dan masyarakat,” kata ROR.

Dalam kesempatan yang penuh dengan kebahagiaan ini, dirinya pun mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh personel Polri dimanapun mengabdi, kepada mitra kerja Polri, serta kepada masyarakat yang telah mendukung terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri yang kondusif. Berbagai capaian tersebut menurutnya harap tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri.

“Sebaliknya, mari menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi kedepan, tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara kemanan dalam negeri akan semakin kompleks,” tukasnya.

Adapun beberapa instruksi Presiden sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas yakni pertama, terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia emas 2045.

Kedua, kedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalan kehidupan masyarakat. Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan. Keempat, tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan, serta kelima, perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Dirinya kemudian mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah, yang ditunjukkan personel polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Kerja keras dan pengabdian polri telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Idonesia.

“Saya menyampaikan atas nama rakyat, bangsa dan negara Indonesia, mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke-73, kepada seluruh anggota dan keluarga besar Polri, dimanapun bertugas,” pungkasnya.

Usai upacara, Kapolres Minahasa AKBP Denny I Situmorang SIK bersama Bupati menyerahkan piala penghargaan dan hadiah kepada para pemenang Lomba dalam rangka Hari Bhayangkara ke-73, kemudian Kapolres bersama Bupati dan Forkopimda bersama-sama menyalakan lilin ke-73 serta memotong tumpeng.

Turut hadir, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST Iko Sudjatmiko SH MH, Slamet Raharjo SSos MSi, Kajari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani SH MKn, Ketua FKUB Minahasa Pdt Evert Tangel MPdk, Kepala Kantor Kementerian Agama Sonya Mongkau SE, Direktur IPDN Kampus Sulut Dr Noudy Tendean, Kepala Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN dan BUMD dan Jajaran Pemkab Minahasa.(fernando lumanauw)

Leave a Reply