Jabatan Camat Di Minahasa Jadi ‘Kursi Panas’

Minahasa – Para Camat di Kabupaten Minahasa terancam kehilangan jabatan yang mereka emban saat ini. Pasalnya, jabatan Camat di Minahasa kini menjadi ‘Kursi Panas’ yang bisa diperebutkan para eselon tiga, pasca lelang jabatan yang mulai diterapkan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa.


Kepada CSN, Selasa (17/09), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa, Jefry Robby Korengkeng SH MSi mengungkapkan, jabatan Camat di Minahasa kini bisa diemban siapa saja.


“Kami sementara mengevaluasi jabatan Camat terkait kinerja Camat yang menjabat saat ini. Ada penilaian khusus tentang kinerja terutama soal kebersihan di wilayah kerja masing-masing,” ujar Korengkeng.


Menurutnya, siapa saja PNS eselon tiga yang berminat dengan jabatan Camat bisa mengusulkan diri kepada Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pemkab Minahasa, untuk masuk dalam daftar tunggu.


“Ketika dijumpai ada Camat yang menjabat saat ini dinilai lalai dalam tugas dan kerjanya, maka Camat tersebut siap-siap meninggalkan jabatannya dan diberikan kepada yang lain,” pungkasnya.


Dikatakan Korengkeng pula, lelang jabatan khususnya Camat di Pemkab Minahasa ini dilakukan agar para Camat atau mereka yang punya kepangkatan layak menjadi Camat, meningkatkan mutu kerjanya dan tak hanya puas duduk menjabat saja dan bermalas-malasan.


“Hal ini memacu kinerja agar lebih giat lagi untuk mengabdi kepada negara. Camat yang menjabat saat ini harus menyadari bahwa jabatan yang dimilikinya bukan hanya miliknya sendiri atau menjabat karena kedekatan dengan top leader,” ujar Korengkeng sembari menambahkan bila Camat yang ada di Kota Tondano yang akan menjadi target utama.(fernando lumanauw)

Leave a Reply