Jangan Takut, 300 Personel Polres Minahasa Siap Amankan Ibadah Jumat Agung dan Paskah

Minahasa – Sebanyak 300 personil Polres Minahasa bakal disiagakan di Gereja-gereja untuk mengamankan jalannya ibadah Jumat Agung dan Ibadah Paskah umat Kristiani di Kabupaten Minahasa.

Hal ini disampaikan langsung Kapolres Minahasa AKBP Henzly Moningkey SIK MSi, kepada Cybersulutnews.co.id, Selasa (31/03) sore, di Mapolres Minahasa. Dikatakannya, umat Kristiani jangan takut untuk melaksanakan ibadah Jumat Agung dan Paskah di Gereja masing-masing.

Menurutnya, pihaknya juga akan berkolaborasi dengan pihak TNI Kodim 1302 Minahasa, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Minahasa, serta pengamanan dari internal gereja setempat, untuk ditempatkan di rumah-rumah ibadah, serta titik-titik keramaian lainnya.

“Kita akan melakukan pengamanan, baik stasioner maupun mobile. Jadi, untuk masyarakat, khususnya umat Kristen, jangan takut dan jangan ragu-ragu beribadah di situasi seperti saat ini, karena kami TNI dan Polri siap menjamin keamanan anda,” kata Moningkey.

Kepada umat Kristiani yang nanti akan beribadah, Kapolres Moningkey juga menghimbau agar membawa keperluan untuk beribadah seperlunya, dan mengindari membawa barang-barang yang bisa menimbulkan kecurigaan.

“Jangan membawa barang atau tas terlalu besar, yang nantinya bisa merepotkan atau memperlambat ketika petugas akan melakukan screening atau pemeriksaan sebelum memasuki rumah ibadah. Untuk pengaturan parkiran kendaraan bermotor yang dibawa, akan dikoordinir petugas Kepolisian maupun petugas internal gereja seperti Panji Yosua ataupun petugas internal lainnya,” ujarnya.

“Kami juga tetap menghimbau kepada umat Kristiani yang akan melaksanakan ibadah Jumat Agung dan Paskah, agar tetap mengedepankan protokol kesehatan, karena kita masih dalam suasana pandemi COVID-19,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply