Jawab Tantangan Teknologi, PTIK UNIMA Jadi Jurusan Populer

 Prof Dr Herry Sumual MSi

Prof Dr Herry Sumual MSi

Minahasa – Jurusan Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer (PTIK), menjadi jurusan yang paling diminati di Fakultas Teknik (Fatek), Universitas Negeri Manado (UNIMA) di Tondano Kabupaten Minahasa.

Hal tersebut dikatakan Dekan Fatek UNIMA, Prof Dr Herry Sumual MSi, Kamis (19/09), ketika ditemui Amigosnews diruang kerjanya.

Menurut Sumual, PTIK Fatek UNIMA merupakan jurusan yang baru berjalan dua tahun dan sangat dinimati. Buktinya, tahun ini, dari sekitar 800 mahasiswa yang masuk Fatek UNIMA, setengahnya memilih masuk jurusan PTIK.

“Jurusan PTIK memang yang paling diminati dan dibutuhkan saat ini. Fatek UNIMA hingga saat ini telah meluluskan 150 wisudawan dalam dua tahun terakhir dan telah tersebar di Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara,” ungkap Sumual.

Sumual mengakui, ketersediaan lapangan kerja bagi PTIK memang sangat terbuka untuk jurusan, apalagi sebagai tenaga pengajar di SMK, yang menjadi kompetensi lulusan ini.

Disamping itu, dikatakan Sumual, jurusan PTIK ada nama program yang disebut Talents scouting (pendampingan), yang merupakan program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Dimana, mahasiswa atau lulusan pada jurusan ini mendapat anggaran untuk terjun ke lapangan baik magang ataupun sebagai tenaga pengajar.

“Ketika mereka magang, ada dana dari pemerintah pusat untuk kebutuhan harian, mencapai Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta setiap bulan, selama lima bulan magang. Tapi mereka dikhususkan bagi SMK yang baru berdiri atau SMA yang membuka jurusan TKJ, mekanismenya bisa diminta pihak sekolah atau berdasarkan survei kejuruan,” ujar Sumual pula.

Sementara, magang Fatek UNIMA untuk jurusan PTIK ini telah memasuki angkatan kedua dan memasuki bulan kedua, ada 44 mahasiswa maupun lulusan/sarjana, melalui seleksi dari fakultas terkait kompetensi dan kemampuan yang bersangkutan, yang dibiayai Kemendiknas.(fernando lumanauw)

Leave a Reply