by

Jelang Pilkada Minahasa 2018, Lima Desa di Minahasa Jadi Percontohan Mutarlih Berkelanjutan

Minahasa – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa tahun 2018 mendatang, sebanyak lima Desa di Kabupaten Minahasa ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa sebagai Desa percontohan kerjasama Pemutakhiran Data Pemilih (Mutarlih) Berkelanjutan.

Penetapan lima Desa dirumuskan dalam forum Rapat Pleno KPU Minahasa, yang digelar di ruang Baku Beking Pande-Rumah Pintar Pemilu (RPP) Wale Pawowasan Pemilu KPU Minahasa, Selasa (28/02).

Lima Desa yang dipilih berdasarkan lima wilayah kerja KPU Minahasa ini yakni, Desa Tikela Kecamatan Timbulu Wilayah I, Kelurahan Rinegetan Kecamatan Tondano Barat Wilayah II, Desa Passo Kecamatan Kakas Barat Wilayah III, Kelurahan Amongena Kecamatan Langowan Timur Wialayah IV dan Kelurahan Uner Kecamatan Kawangkoan Wilayah V.

Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU Minahasa Lord Arthur Malonda SPd mengatakan, maksud ditetapkannya Desa percontohan ini, untuk memantapkan program Mutarlih Berkelanjutan sebagai program Nasional yang telah digagas tahun 2016 yang lalu.

“Kita ingin memiliki data pemilih yang diupdate terus menerus, sehingga disaat tahapan Pemilu atau Pilkada, pekerjaan kita bertambah ringan karena data pemilih yang akan dimutakhirkan oleh PPS dibantu PPDP sudah relatif update dan bersih dari pemilih yang tidak memenuhi syarat,” ungkap Malonda.

“Nantinya sebagai tindak lanjut keputusan ini, kita akan menyurat ke Pemerintah Desa/ Kelurahan, Camat dan Pemkab Minahasa. Nantinya, Tim KPU Minahasa dibantu relawan Komunitas Peduli Pemilu akan turun ke lima Desa ini dan melakukan pertemuan dengan aparatur Pemerintah di Desa, kemudian melakukan validasi berbasis DPT Pilgub 2015. Pemilih yang tidak memenuhi syarat akan dihapus dari daftar,” ungkap Malonda.

Nantinya jika program di lima desa ini berhasil, maka KPU Minahasa akan memperluas menjadi 25 Desa di masing-masing Kecamatan.

Pleno penetapan lima desa percontohan oleh KPU Minahasa dilaksanakan disela-sela pembahasan evaluasi dan perencanaan kinerja bulanan.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed