by

JWS Kuliahi Mahasiswa PKL FISIP Unsrat

Foto bersama peserta PKL FISIP Unsrat Manado, dengan Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi
Foto bersama peserta PKL FISIP Unsrat Manado, dengan Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi

Minahasa – Sebanyak 400 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, bakal melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kabupaten Minahasa.

Mengawali kegiatan tersebut, Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, menerima dan membekali para mahasiswa PKL ini dengan kuliah umum bertopik “Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan Pemilu Presiden 2014 yang Damai dan Berkualitas”, Jumat (30/05), di gedung Wale Ne Tou, Sasaran Tondano.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan pengantar oleh Dekan FISIP Unsrat Manado, Drs Philip M Regar MSi. Regar mengatakan, para mahasiswa ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berarti bagi kabupaten Minahasa, khususnya menjelang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, 9 Juli 2014.

“Kegiatan PKL ini dilakukan untuk memberi pengalaman pada mahasiwa terutama kaitan dengan Mata Kuliah Metode Penelitian. Pengabdian ini dikaitkan dengan agenda nasional berupa Pemilu Presiden dalam bentuk penyuluhan di Kecamatan Kawangkoan, Kawangkoan Barat, Kawangkoan Utara dan Tompaso Barat dengan topik Partisipasi Masyarakat dalam Pilpres 2014,” katanya, sembari berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dapat membantu para mahasiswa PKL ini.

Dalam ringkasan ceramahnya, JWS memberikan pencerahan terkait partisipasi politik dan pengambilan keputusan politik kepada mahasiswa PKL tersebut.

Dikatakan JWS, Pemkab Minahasa tentu bersyukur bila mendapat masukan akan hasil penelitian tentang partisipasi politik dikaitkan dengan budaya masyarakat Minahasa.

Ditambahkan Bupati JWS, sebagai generasi muda, mahasiswa adalah agen perubahan, dimana mahasiswa juga bisa merubah keberadaan negara ini. Dan untuk mewujudkannya harus diawali dengan merubah dulu karakternya.

“Mahasiswa harus punya idealisme tapi tidak fanatik. Untuk menjadi pemimpin masa depan tentu kita semua harus mengandalkan Tuhan dalam menjalani kehidupan ini,” ujarnya.

Acara ini turut dihadiri Asisten II Setdakab Minahasa, Dr SW Siagian MA, Asisten III Setdakab Minahasa, Hetty Rumagit SH, beberapa Kepala Badan, Dinas, Kantor, Bagian, Camat dan sejumlah dosen FISIP Unsrat.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed