JWS Pimpin Kominda Minahasa

Minahasa – Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, resmi pimpin Komunitas Intelejen Daerah (KOMINDA) Kabupaten Minahasa, setelah dilantik Laksamana Pertama TNI, Djayeng Tirto SSPi, SH MH, Atas nama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), DR Sinyo Harry Sarundajang selaku Ketua KOMINDA Sulut, Rabu (15/05) lalu.


JWS kemudian melalui SK Bupati Minahasa Nomor 296 Tahun 2013, tentang pembentukan KOMINDA, membentuk struktur KOMINDA dengan dirinya sebagai Ketua, selanjutnya Pelaksana Harian, Kasat Intel Polres Minahasa, serta Sekretaris Kepala Kesbangpol dan Linmas Minahasa.

Menjadi anggota dalam struktur KOMINDA Minahasa ini yakni, Sekda, Asisten I, Kepala Pos BIN Minahasa, Perwira Seksi Intel Kodim 1302 Minahasa, Kasat Intel Polres Tomohon, Kepala Seksi Intel Kejari Tondano, Kasi Pengawasan, Penindakan dan Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I Manado, Kabag Hukum dan perundang-undangan Setdakab Minahasa, Sek Kesbangpol dan Linmas Minahasa, Kabid Penanganan masalah aktual pada Badan Kesbangpol dan Linmas Minahasa, sedangkan Sekretariat, adalah tenaga administrasi, tenaga komputer dan tenaga komunikasi.

Tugas Kominda Minahasa, pertama merencanakan, mencari, merencanakan, mengumpulkan, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan berbagai sumber atau bahan intelejen dari berbagai pihak mengenai potensi, gejala atau peristiwa yang menjadi ancaman stabilitas nasional di dearah.

Kedua, memberikan rekomendasi sebagai bahan perimbangan pimpinan daerah mengenai kebijakan yang berkaitan dengan deteksi dini dan peringatan dini terhadap ancaman stabilitas nasional di daerah.

“Diharapkan kepada semua yang masuk dalam struktur KOMINDA Minahasa ini akan dapat bekerja sama dengan baik dan saling berkoordinasi antara satu dengan yang lainnya,” ujar JWS.

Leave a Reply