JWS Resmikan Proyek ADD dan DD di Sejumlah Desa di Minahasa

Minahasa – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi meresmikan sejumlah proyek infrastruktur di sejumlah Desa yang bersumber dari anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun 2015, yang dipusatkan di Desa Eris Kecamatan Eris dan Desa Paslaten Kecamatan Kakas, Selasa (07/06).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Minahasa Djefry S Sajow SH dalam laporan pertanggung jawaban mengatakan, peresmian dan penandatanganan prasasti ini berdasarkan hasil kenerja pembangunan fisik yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2015 yang lalu.

“Proyek yang bersumber dari ADD dan DD tahun 2015 yang diresmikan saat ini berasal dari tujuh Kecamatan yakni Eris, Kombi, Lembean Timur, dan Tondano Utara dengan total anggaran Rp 11.909.729.900, dan di Kecamatan Kakas, Kakas Barat, Juga Remboken dengan total anggaran Rp 11.525.028.000, dimana target pembangunannya yakni drainase, betonisasi jalan, pembuatan talut, pekerasan jalan lapis beton, pekerasan jalan lapis sirtu, pengaspalan, pekerjaan pipa air bersih, pembuatan bak air, pekerjaan sumur bor, pekerjaan gorong-gorong, pembuatan jembatan, penerangan lampu jalan dan perbaikan permandian umum,” terang Sajow.

Sementara, JWS dalam sambutannya menghimbau Pemerintah Desa setempat agar mampu melihat kebutuhan masyarakat di Desa. Menurutnya, setiap pembangunan perlu ada legitimasi sehingga di Desa ada kemajuan.

“Hukum Tua harus memperioritaskan pembangunan yang ada, terlebih yang menyentuh dengan kebutuhan masyarakat. Seorang pemimpin harus pintar merasa, bukan merasa pintar dan itu merupakan landasan dari seorang pemimpin yang baik, silahkan Hukum Tua melihat potensi yang menonjol di Desanya, baik dari segi pertanian, ekonomi, pendidikan dan segi lainnya, mana yang harus di utamakan untuk di bangun,” ujarnya sembari menambahkan, agar Hukum Tua dapat menjaga keutuhan masyarakat yang ada serta dapat menciptakan suasana yang kondusif.

Lanjut dikatakannya, Program Pemerintah Kabupaten Minahasa saat ini tengah berusaha membangun dan mengangkat berbagai potensi yang ada di Minahasa dan membangun setiap sarana penunjang lainya.

“Setiap jalan perkebunan akan diperhatikan karena akses pertanian yang baik akan berdampak pada kesejahteraan masyarakatnya. Kedepan Danau Tondano akan di tata, karena hal yang terpenting adalah bagaimana kita mau menyelamatkan Danau Tondano, kewajiban kita adalah bagaimana kita menjaganya. Pemerintah sudah menganggarkan pembelian satu unit Watermaster yang nantinya akan mengangkat dan membersikan eceng gondok di Danau ini, namun saya meminta kiranya warga setempat bisa berkorban sedikit, sekitar satu atau dua bulan akan di adakan pembersihan jaring serta penertiban, dan akan di tata segingga bisa kelihatan rapih,” ujarnya.

Kegiatan peresmian ini sendiri dihadiri Asisten I Setdakab Minahasa DR Denny Mangala MSi, Kabag Humas Dan Protokol Agustivo Tumundo SE MSi, para Camat, Kapolsek Eris dan Kakas, serta Aggota DPRD Minahasa Fraksi PDIP Feibe Sanger juga Juliana Polii.(fernando lumanauw)

Leave a Reply