Kader Moncong Putih Pertanyakan Kinerja F-PDIP di DPRD Minahasa

Minahasa – Kinerja Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, menuai kritikan dari sejumlah kader moncong putih sendiri.


Pasalnya, para wakil rakyat yang 2009 lalu didukung ribuan kader dan simpatisan PDIP ini dinilai kurang bersinergi dalam mendukung program-program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, di bahwa kepemimpinan Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), dan Wakil Bupati, Ivan SJ Sarundajang (Ivansa), yang diusung PDIP pada Pemilukada Minahasa 2012 silam.


Para kader PDIP tersebut antara lain, Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Kecamatan Eris, Loudy Manangkot, Bertje Matheos, Ketua PAC Kecamatan Tondano Timur, Cerry Kumayas, Anggota Banteng Muda Indonesia (BMI) Minahasa, Marcel Wolayan SPd dan Wakil Ketua BMI Minahasa, Billy Matheos.


Kepada CSN, Senin (10/06), para kader PDIP ini menuturkan, respon program JWS-Ivansa, justru kebanyakan datang dari anggota fraksi partai lain seperti Gerindra dan Golkar, yang kelihatan lebih mendukung program Pemkab Minahasa yang pro rakyat.


“Lihat saja persoalan pemekaran Kota Langowan dan Minahasa Tengah atau pelebaran ruas jalan Tondano-Koka, Fraksi Golkar memberikan dukungan positif, sementara Fraksi PDIP justru diam dan tak ada respon sama sekali,” ujar Bertje Matheos.



Para legislator utusan PDIP ini seharusnya harus memanfaatkan sisa masa jabatan mereka dengan berbuat sesuatu yang berarti bagi rakyat Minahasa, bila masih ingin dipercayakan untuk mewakili suara rakyat di DPRD Minahasa.


“Harus diingat, saat ini masih menjabat, seharusnya berinovasi dengan program-program yang pro rakyat,” ujar Matheos, sembari memberikan saran kepada Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDIP Minahasa Janes Parengkuan SSos, agar tetap berinovasi bagi Minahasa sebelum naik mencalonkan diri sebagai wakil rakyat ke tingkat DPRD Provinsi Sulut.


“Fraksi PDIP masih bisa melakukan sesuatu yang berarti untuk masyarakat, terlebih lagi untuk dapat mendukung sepenuhnya program JWS-Ivansa. Seharusnya Fraksi bisa melihat peluang ini untuk bersinergi dan berimprovisasi dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten,” ujarnya.


Sementara, baik Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDIP Minahasa Janes Parengkuan SSos maupun Sekretaris PDIP Minahasa, Dharma Palar SH, hingga berita ini diturunkan, ketika coba dihubungi via telpon, sedang tidak aktif.

Leave a Reply